8 Manfaat Petai, Salahsatunya Dapat Mencegah Gangguan PMS Pada Wanita

Petai, pete atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceace), anak suku petai-petaian (Mimosoidae). Petai atau pete termasuk ke kelas Magnoliopsida, genus Parkia. Dalam satu bongkol pete terdapat hingga 20 biki, berwarna hijau ketika muda dan terbalut oleh selaput yang agak tebal berwarna coklat terang.

Pete memiliki bau yang khas, bau yang khas ini disebabkan oleh kandungan asam-asam amino yang didominasi oleh asam amino yang mengandung unsur sulfur. Saat terdegradasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil, maka asam amino akan menghasilkan Hidrogen sulfida. Selain mengandung Hidrogen sulfida, petai atau pete juga mengandung karbohidrat, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga mineral lainnya. Berikut adalah manfaat dari petai atau pete.

Manfaat Petai atau Pete

  • Mengatasi anemia

Kandungan zat besi yang tinggi pada petai atau pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah, dan dapat membantu mengatasi anemia atau tekanan darah rendah.

  • Mengatasi hipertensi

Kandungan kalium yang sangat tinggi dan rendah garam dalam petai atau pete, bermanfaat untuk membantu mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi bagi Anda yang menderita hipertensi.

  • Mengurangi kolesterol

Antioksidan dan kandungan mineral lain yang ada dalam petai atau pete dapat membantu untuk mengurangi kolesterol.

  • Mencegah stroke

Berdasarkan ungkapan The New England Journal of Medicine, menyatakan bahwa mengkonsumsi dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit stroke.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang tinggi dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  • Meningkatkan kemampuan kognitif

Zat kalium tinggi yang terkadung pada petai atau pete bermanfaat untuk meningkatkan kognitif seseotang, seperti kemampuan daya ingat, kemampuan untuk berfikir, dan kemampuan lain yang berkaitan dengan kognitif.

  • Mencegah ganguan PMS pada wanita

Pengaruh zat tryptophan dan vitamin B1 dapat membantu mencegah gangguan PMS (Pre Menstrual Synfrome), bermanfaat untuk menyetabilkan mood dan emosi pada wanita dan juga mampu untuk mengatur kdar gula darah dalam tubuh kita.

  • Menyehatkan lambung

Petai atau pete juga bermanfaat untuk menyehatkan lambung, karena petai atau pete dapat menetralisir asam lambung dan juga dapat mengurangi iritasi serta mencegah infeksi pada lambung.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi