9 Manfaat Tape atau Peuyeum, Salah Satunya Dapat Membantu Program Diet

Mengkonsumsi tape atau peuyeum dalam jumlah yang diperlukan akan mendapatkan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka akan berdampak buruk bagi...


Tape atau biasa disebut peuyeum dalam bahasa Sunda merupakan kudapan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan karbohidrat sebagai substrat oleh ragi, umumnya di Indonesia menggunakan singkong atau beras ketan untuk digunakan sebagai bahan pembuatan tape dan pembuatannya melibatkan Saccharomyces cerevisiae.

Fermentasi dapat didefinisikan sebagai proses metabolisme dimana akan terjadi perubahan kimia pada substrat organik, aktivitas mikroba yang membusukkan bahan yang difermentasi. Perubahan kimia tergantung pada macam bahan, mikroba, pH, suhu, serta adanya aerasi. Reaksi fermentasi pada singkong menjadi tape yaitu glukosa (C6H12O6), kemudian akan menghasilkan etanol (2C2H5OH). Reaksi fermentasi ini dilakukan oleh ragi, yang digunakan dalam produksi makanan.

Tape atau peuyeum ini merupakan makanan khas Jawa Barat, maka tidak heran tape atau peuyeum ini diminati oleh banyak orang terutama pengunjung dari luar kota. Terdapat berbagai zat gizi pada tape atau peuyeum mulai dari kalori, protein, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B12 serta air yang berguna untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Terdapat beberapa manfaat tape atau peuyeum untuk kesehatan tubuh, berikut penjelasaanya.

Manfaat Tape

  • Mencegah anemia

Mikroorganisme yang berperan dalam fermentasi pembuatan tape atau peuyeum mampu menghasilkan vitamin B12, sehingga dapat membantu untuk mencegah anemia atau kurang darah.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Tape atau peuyeum dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan, dengan cara meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dan mengurangi bakteri jahat.

  • Meningkatkan energi

Tape terbuat dari singkong yang mengandung karbohidrat, sehingga tape dapat membantu meingkatkan energi.

  • Mengontrol kadar kolesterol

Tape singkong mengandung asam organik yang bekerja aktif berfungsi untuk memecah cadangan lemak dan endapan kolesterol yang ada dalam tubuh serta dapat mengontrol kadar kolesterol.

  • Mengurangi gejala hipertensi

Kandungan kalsium pada tape atau peuyeum berfungsi untuk mengatur darah, sehingga bermanfaat untuk membantu mengurangi gejala hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  • Menjaga kesehatan tulang

Tape mengandung kalsium dan fosfor, bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan tulang seperti menguatkan tulang agar tulang tidak mudah keropos.

  • Memabantu dalam program diet

Tape atau peuyeum terbuat dari singkong yang mengandung karbohidrat, tetapi rendah lemak. maka bermanfaat untuk membantu program diet bagi Anda yang melakukannya.

  • Membantu menangkal radikal bebas

Tape mengandung vitamin B1 yang merupakan antioksidan yang baik, sehingga bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh.

  • Melindungi jaringan dalam tubuh

Kandungan protein yang ada dalam tape singkong dapat membantu melindungi jaringan dalam tubuh.

Mengkonsumsi tape atau peuyeum dalam jumlah yang diperlukan akan mendapatkan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh Anda, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda.


Jangan Lupa Share !!!

72
10 shares, 72 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
7
Bingung
Kesal Kesal
5
Kesal
OMG OMG
7
OMG
Takut Takut
6
Takut
Keren Keren
4
Keren
Sedih Sedih
9
Sedih
Posciety Health

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi seputar dunia kesehatan. Dikelola oleh tim Posciety Health.
Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki