Adim, Pemilik Suara Merdu Berdarah Minang

0

Lirik lagunya mengartikan bagaimana kondisi hati seorang yang risau tetapi dibawa santai. Karena tidak ingin memperlihatkan kerisauan, seseorang harus merelakan diri untuk pergi ke negeri orang atau memperjauh rantauan.

Laki-laki kelahiran 1996 bernama lengkap Muhammad Fakhrul Adim atau biasa dipanggil dengan sebutan “Uda Adim” atau “Adim” mulai bersekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Bukittinggi. Melalui channel YouTube nya dengan nama adim_mf telah mengeluarkan video dengan judul Q and A.

Dari unggahan tersebut, Adim mengaku menyukai semua jenis makanan yang berbahan dasar ayam. Apapun jenis masakannya, asalkan bukan ayam mentah, begitu akunya.

Dia juga menjelaskan tentang kegememarannya terhadap dunia tarik suara. Sejak kecil Adim menyukai dunia tarik suara hingga dewasa pun dia masih konsisten dengan kegemarannya terhadap musik. Hingga akhirnya Adim memutuskan untuk membuat channel YouTube berisi cover berbagai jenis lagu dari yang lokal hingga ke lagu internasional.

Adim mengaku terinspirasi oleh Tulus. Ia berharap karyanya bermanfaat untuk dirinya dan juga orang lain. Saat ditanya mengenai pernikahan, Adim tertawa dan menjawab dengan gayanya berbahasa Minang dan sesekali berbahasa Indonesia.

Apa saja lagu yang Adim cover dan diunggah di channel YouTube nya? Inilah beberapa daftar lagu yang dicovernya, ada yang cocok untuk pengantar tidur.

Cover lagu Lama Minang

Buruang Bondo karya Ramon Asben, dalam video dengan durasi hampir enam menitan tersebut Adim berkolaborasi dengan Dayu Koto seorang rapper asal Minang. Video yang diunggah sejak tujuh bulan lalu itu telah ditonton sebanyak 1,4 juta orang.

Ada pula cover lagu Ucok Sumbara dengan judul Salah Manimbang yang diunggah setahun yang lalu dan masih banyak lagi lagu dari deretan penyanyi asal negeri Rendang seperti Boy Sandy, Rayola, Ipank, dll. Bahkan dalam unggahan channel YouTube Adim juga meng-cover lagu “Pariaman” yang memiliki tempo semangat dan berlokasi di Pantai Gondariah yang terkenal akan pasir dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Terdapat pula pemandangan Pariaman nan hijau seperti permadani.

Cover Lagu Shalawat dan Religi

Tayang perdana pada 26 April tahun lalu, Adim mengunggah video covernya terkait salawat yang berjudul “Salawat Badar”. Di sini suaranya terdengar halus, jernih, dan jika didengarkan dengan seksama mungkin bisa berurai air mata.

Dalam deskripsinya, Adim mengajak agar kita semua memperbanyak salat guna untuk menjadi sumber kekuatan dan sebagai permohonan pertolongan kepada Allah SWT. Mungkin saja banyak versi salawat dengan suara yang merdu tapi tidak ada salahnya dengarkan suara Uda Adim yang lembut ini.

Sebuah Pengakuan dari Hadad Alwi, Adim juga meng-cover lagu ini bersamaan dengan lagu salawat Badar yang diunggahnya tahun lalu. Video yang telah disukai oleh 3,4 ribu dan telah ditonton oleh 162.772 kali saat ini.

Cover Lagu A Whole New World

Lagunya sejuta umat, karena hampir setiap orang yang berkecimpung di dunia tarik suara pasti akan memasukan lagu ini ke dalam list covernya. Begitu juga dengan Adim yang meng-covernya dengan berkolaborasi dengan seorang penyanyi wanita bernama Balqist Putri Alex.

Namun sayangnya dalam video tersebut tidak memperlihatkan para penyanyi karena hanya tersedia lirik lagu dan juga pemandangan salah satu di daerah Sumatra Barat.

Video Terbaru “Dendang Perantauan”

Pada video yang diunggahnya sekitar seminggu lalu, Adim memperlihatkan keseriusannya dalam menggarap video. Berlatar belakang di malam hari, video yang memperlihatkan suasana kehidupan kota itu bagi seorang perantau. Paduan musik yang disajikan pun membuat siapapun mampu meneteskan air mata tetapi selanjutnya kita akan fokus pada lirik lagunya.

Lirik lagunya mengartikan bagaimana kondisi hati seorang yang risau tetapi dibawa santai. Karena tidak ingin memperlihatkan kerisauan, seseorang harus merelakan diri untuk pergi ke negeri orang atau memperjauh rantauan. Bahkan di dalam lirik yang dibawakahn Dayu Koto, bermakna mendalam, “I wanna to Fight bia salamaik, sampai den tamaik.”

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya