Amankan Akun Facebook Dengan 5 Metode Autentikasi 2 Faktor

Salah satu cara untuk mengamankan akun Facebook adalah dengan mengaktifkan autentikasi 2 langkah untuk login, lebih aman karena setiap kali ingin masuk ke akun Facebook bersangkutan perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirim lewat email atau nomor HP yang didaftarkan.

Mau tau autentikasi 2 langkah lebih detail ? Klik disini ya…

Pada Facebook, autentikasi 2 langkah ini disebutnya Autentikasi 2 Faktor yang mana saat ini memiliki beberapa metode dalam penggunaannya yaitu:

  • Pesan Teks SMS
  • Kunci Keamanan
  • Generator Kode
  • Kode Pemulihan
  • Katasandi Aplikasi

Pilih metode yang diinginkan, semua metode ini memiliki tujuan yang sama yaitu autentikasi 2 langkah untuk login dan mengamankan akun Facebook. Dibawah ini akan dijelaskan satu persatu, pilihlah metode mana yang ingin kalian gunakan. Pengaturan ini dapat dilakukan di browser / desktop dan aplikasi smartphone, caranya tetap sama tidak ada yang berbeda.

Autentikasi 2 Faktor

Pertama, masuk ke akun Facebook kemudian klik menu Pengaturan -> Keamanan & Masuk. Klik tombol Sunting pada bagian Siapkan Autentikasi Dua Faktor maka akan membuka semua metode yang disebutkan diatas.

#1 Pesan Text SMS

Merupakan cara pertama yang disediakan Facebook untuk autentikasi 2 langkah masuk ke akun Facebook, klik Tambahkan Telepon untuk menambahkan nomor telepon yang digunakan sebagai verifikasi kode keamanan untuk masuk ke Facebook. Setelah ditambahkan, nomor-nomor tersebut akan muncul dibagian bawahnya.

Kalianpun dapat menonaktifkannya jika tidak ingin menggunakannya dengan mengklik Nonaktifkan disamping nomor telepon bersangkutan, atau klik Aktifkan untuk mengaktifkannya kembali.

Setelah diaktifkan, sekarang dan seterusnya (selama nomor itu diaktifkan) ketika mencoba masuk ke akun Facebook akan diminta kode verifikasi yang mana kode tersebut dikirim Facebook secara acak & otomatiske nomor telepon tersebut. Jika kode verifikasi salah maka tidak dapat login.

#2 Kunci Keamanan

Merupakan pengamanan akun FB yang menggunakan U2F (Universal 2nd Factor), dapat digunakan untuk login menggunakan USB atau NFC. Klik Tambahkan Kunci untuk memulai, akan muncul layar popup kecil dengan ringkasan yang bisa dibaca terlebih dahulu kemudian klik tombol Tambahkan Kunci.

Namun untuk metode ini tentu harus memiliki USB dengan kunci keamanan, masukkan kunci kemanan ke port USB kemudian ikuti langkah-langkah berikutnya dengan mengklik tombol Lanjutkan.

Dengan metode ini, setiap kali ingin login ke Facebook cukup masukkan USB tersebut maka berhasil masuk. Tidak punya kunci keamanan USB untuk Facebook ? Dapatkan disini !

#3 Generator Kode

Generator Kode ini dapat digunakan untuk autentikasi 2 langkah masuk Facebook, klik Penyiapan untuk mendapatkan kode. Jika membuka di komputer / browser akan diminta untuk membuka aplikasi di smartphone ke bagian Menu -> Generator Kode, setelah di klik dan muncul kode langsung klik Lanjutkan di komputer / browser tadi (usahakan jangan lama karena kode akan otomatis diganti lagi per 60 detik).

Masukkan kode tersebut di kolom yang disedikan kemudian klik tombol Autentikasi 2 Faktor, sekarang autentikasi ini sudah aktif. Jadi, setiap kali ingin masuk ke Facebook perlu generator kode terlebih dahulu.

Untuk menonaktifkan ini tinggal klik Nonaktifkan di bagian Generator Kode.

#4 Kode Pemulihan

Metode ini disediakan untuk pengguna Facebook yang ingin login tapi sedang tidak membawa telepon yang didaftarkan, jadi tetap aman walaupun tidak menggunakan autentikasi 2 langkah via telepon. Klik Dapatkan Kode maka akan muncul 10 kode keamanan yang dapat disimpan / di print.

Simpan kode tersebut untuk keperluan login nanti, walaupun tidak membawa telepon yang didaftarkan tetap aman karena perlu memasukkan salah satu dari 10 kode tersebut.

Masing-masing kode hanya dapat digunakan 1x saja, jika kode sudah hampir habis silahkan klik Dapatkan Kode Baru dibawah daftar 10 kode maka akan muncul kode-kode baru yang dapat digunakan untuk login lagi.

#5 Kata Sandi Aplikasi

Metode ini dapat digunakan sekali pakai saja setiap tindakan untuk aplikasi yang tidak mendukung autentikasi 2 faktor seperti Xbox, Spotify, Skype, dsb. Jadi, ketika perlu masuk ke aplikasi tersebut kata sandi akun FB tetap aman karena tidak perlu menggunakan katasandi akun tapi menggunakan katasandi aplikasi ini.

Kata Sandi Aplikasi hanya digunakan satu kali saja, jika keluar dari aplikasi tersebut dan ingin masuk kembali maka perlu membuat katasandi lagi. Facebook tidak menyimpan katasandi ini, ini hanya sementara dan pengguna tidak perlu memberitahukan apa katasandi akun nya hanya untuk masuk ke aplikasi tersebut.

Klik Generate -> Buat Kata Sandi Aplikasi, pada kolom yang disediakan silahkan masukkan nama aplikasi yang ingin disetujui untuk katasandi aplikasi ini misalnya Xbox, iPhone, dll kemudian kli tombol Buat Kata Sandi.

Setiap katasandi yang berhasil dibuat akan muncul dibawah metode ini dengan aplikasi yang disetujui, ketika ingin masuk kembali ke aplikasi yang pernah dibuat katasandinya maka cukup gunakan yang sudah ada.

Tambahan

Sedikit tambahan saja, pada bagian bawah metode-metode ini terdapat bagian Masuk yang Diotorisasi. Ini adalah tinjauan dimana saja akun bersangkutan login, jika ada keanehan silahkan klik Hapus maka akun bersangkutan akan logout di perangkat tersebut.

Sekedar mengingatkan, beberapa metode autentikasi 2 factor Facebook ini bisa saja tidak berfungsi jika perangkat yang digunakan tidak mendukung autentikasi Facebook.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...