Verifikasi Masuk Akun Twitter, Membuat Akun Jadi Lebih Aman

Aktifkan autentikasi 2 langkah akun Twitter untuk menambah keamanan akun Twitter, cukup daftarkan nomor telepon dan beberapa sedikit pengaturan maka autentikasi 2 langkah dapat digunakan. Dengan mengaktifkan fitur ini, setiap kali ingin login ke Twitter perlu memasukkan kode verifikasi yang dikirim oleh Twitter ke nomor ponsel bersangkutan.

Klik disini untuk mempelajari Autentikasi 2 Langkah secara umum

Cara mengatifkan autentikasi 2 langkah Twitter atau yang disebut Verifikasi Masuk ini sangat mudah, silahkan masuk ke akun Twitter bersangkutan dan tambahkan nomor handphone terlebih dahulu di menu Pengaturan & Privasi -> Ponsel -> Ponsel Saya. Setelah berhasil menambahkan nomor handphone, beralih ke menu Akun.

Verifikasi Masuk

Dibagian menu Akun terdapat bagian Keamanan, didalamnya ada pilihan Verifikasi Masuk. Silahkan centang kotaknya untuk mengaktifkan autentikasi 2 langkah akun Twitter, akan muncul layar popup kecil yang menjelaskan sedikit tentang cara kerja autentikasi 2 langkah & klik tombol Mulai untuk memulainya.

Muncul lagi popup lainnya yang meminta kalian memasukkan katasandi untuk verifikasi / memastikan ini benar-benar akun kalian bukan milik orang lain, silahkan masukkan katasandi akun dan klik tombol Verifikasi. Layar popup berikutnya akan menampilkan sedikit ringkasan dan pratinjau nomor handphone yang akan digunakan, jika sudah benar silahkan klik tombol Kirim Kode.

Akan diarahkan ke halaman berikutnya yang meminta kode verifikasi yang baru saja dikirim ke nomor handphone bersangkutan, buka pesan dari Twitter yang berisi kode kemudian tulis kode tersebut di kolom yang telah disediakan. Jika belum menerima kode, kalian dapat meminta ulang dengan mengklik Saya tidak menerima kode maka kode akan dikirim ulang ke nomor bersangkutan.

Masukkan kode di kolom yang disediakan dan klik tombol Kirim, jika kode benar akan diarahkan ke halaman berikutnya tapi jika kode salah tidak akan terjadi apa-apa dan tetap diminta kode yang benar. Di halaman berikutnya muncul ucapan Selamat! Telah terdaftar yang artinya autentikasi 2 langkah ini berhasil diterapkan.

Dibagian bawah layar popup ini juga ada tombol Dapatkan Kode Cadangan, kalian dapat mengklik tombol ini jika ingin menyimpan kode cadangan. Jika tidak memerlukan kode cadangan cukup tutup layar popup dan kembali beraktivitas seperti biasa, autentikasi 2 langkah sudah aktif.

Kode Cadangan ini merupakan kode untuk verifikasi masuk ke akun bersangkutan jika sedang tidak membawa handphone (tidak bisa membaca SMS dari Twitter yang berisi kode verifikasi), sebagai gantinya dapat menggunakan kode cadangan ini. Kode cadangan ini hanya dapat digunakan 1x saja, jika perlu kode baru bisa kembali ke halaman ini dan klik tombol Buat Kode Baru.

Metode Verifikasi Masuk

Setelah selesai mengaktifkan Verifikasi Masuk tadi, kalian akan melihat beberapa metode yang muncul dibawah kotak centang Verifikasi Masuk diantaranya Atur Aplikasi Pembuat Kode, Dapatkan Kode Cadangan, dan Buat Kata Sandi Aplikasi. Sebetulnya, setelah melakukan langkah-langkah diatas artinya autentikasi 2 langkah sudah aktif tapi jika ingin menggunakan fitur lainnya bisa klik metode-metode yang muncul ini.

#1 Atur Aplikasi Pembuat Kode

Ketika mengklik metode ini akan muncul layar popup yang menam pilkan kode QR dan Kunci Rahasia, kode ini digunakan ketika akan menjalankan aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan Twitter. Fitur ini memastikan bahwa aplikasi yang dijalankan tersebut dijalankan dengan benar.

#2 Dapatkan Kode Cadangan

Fitur ini muncul di akhir pembuatan Verifikasi Masuk tadi, sama seperti tadi metode ini ketika di klik akan muncul layar popup yang berisi kode cadangan yang dapat digunakan sekali saja untuk verifikasi masuk ketika sedang tidak membawa handphone.

#3 Buat Kata Sandi Aplikasi

Ini merupakan pembuat kata sandi sementara untuk aplikasi, ketika mengklik metode ini akan diminta memasukkan kata sandi akun saat ini sebelum dapat mengaktifkannya. Masukkan kata sandi akun dan klik tombol Buat. secara otomatis akan muncul kode sebagai kata sandi sementara yang dibuat secara acak.

Kata sandi ini dapat digunakan untuk login ke akun Twitter lewat aplikasi Twitter artinya ketika menggunakan katasandi sementara ini kalian tidak perlu menunggu kode verifikasi lewat HP, tapi kata sandi sementara ini hanya sementara dan akan kadaluarsa dalam 1 jam kedepan. Setelah habis waktunya maka kode ini tidak dapat digunakan.

Pengaturan Ulang Kata Sandi

Sedikit tambahan, untuk lebih extra pengamanan akun Twitter dapat mengaktifkan fitur ini. Centang kotak pada bagian Pengaturan Ulang Kata Sandi untuk mengaktifkan verifikasi lewat handphone sebelum dapat mengganti kata sandi lama dengan kata sandi baru. Biasanya ketika lupa kata sandi juga fitur ini bisa digunakan.

Setelah selesai, jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi