Akun Dewa_Kipas Diblokir Setelah Kalahkan YouTuber Gaming GothamChess

0

Dikatakan bahwa akun milik Dadang Subur diblokir setelah ditinjau melakukan pelanggaran peraturan fair play di game Chess.com.

Dunia media sosial di Indonesia saat ini sedang dikejutkan dengan kasus yang menimpa orang Indonesia yang memiliki akun di game catur online, Chess.com, ia diblokir setelah ia mengalahkan salah satu YouTuber gaming populer di game catur online tersebut. Akun tersebut bernama Dewa_Kipas yang diblokir setelah kalahkan YouTuber gaming Gotham Chess di game Chess.com.

Awal Mula Kejadian

ads by posciety

Kejadian ini viral setelah sebuah postingan pengguna Facebook bernama Ali Akbar. Ia adalah anak dari pemilik akun Dewa_Kipas yakni Dadang Subur yang berhasil mengalahkan GothamChess. Dalam postingannya, Ali menjelaskan bahwa akun Dewa_Kipas milik ayahnya diblokir setelah berhasil memenangkan pertandingan melawan GothamChess di game catur online, Chess.com.

Pada saat pertandingan tersebut, GothamChess sedang melakukan siaran langsung di akun YouTube dan Twitch miliknya sehingga para pengikut GothamChess di YouTube dan Twitch bisa melihat langsung pertandingan tersebut. Setelah melihat YouTuber kesayangannya dikalahkan oleh orang lain di game tersebut, para pengikut GothamChess tidak terima kekalahan yang diterima GothamChess dan mereka pun bersama-sama melaporkan akun Dewa_Kipas hingga akhirnya akun tersebut terblokir.

Ali Akbar yang tidak terima akun ayahnya diblokir, akhirnya mengeluarkan kekeselannya lewat postingan di akun Facebook miliknya. Namun, tidak disangka postingan tersebut viral dan netizen-netizen Indonesia ramai-ramai membela Ali Akbar dan ayahnya, Dadang Subur yang menurut mereka, akun Dewa_Kipas tidak salah ataupun curang sama sekali sehingga tidak ada alasan untuk diblokir.

Setelah kejadian ini viral, akun YouTube dan Instagram milik GothamChess diserbu oleh ribuan netizen Indonesia yang tidak terima akun milik orang Indonesia, Dewa_Kipas dilaporkan oleh pengikutnya hingga menyebabkan akun tersebut diblokir.

Pemilik akun GothamChess yakni Levy Rozman adalah salah satu YouTuber gaming populer didunia. Akun YouTube miliknya kini memiliki 701 ribu pelanggan dengan konten utamanya adalah bermain game catur. Selain memiliki akun YouTube, Levy Rozman juga memiliki akun Twitch dengan 346 ribu pelanggan dengan konten utamanya adalah live streaming bermain catur online.

Sementara di game Chess.com, GothamChess dikenal dengan titel “International Master” yang memiliki ELO (rating pemain dalam dunia percaturan) 2.400 dan saat ini memiliki 19 ribu pengikut. Sementara itu, akun milik Dadang Subur, Dewa_Kipas memiliki ELO 2.300, dan hanya memiliki 8 pengikut.

Dadang Subur Mantan Pemain Catur Profesional

Dijelaskan oleh Ali, ia mengatakan bahwa ayahnya merupakan mantan pemain catur profesional. Untuk meyakinkan bahwa ia berkata jujur, ia mengunggah foto-foto ayahnya sedang bertanding lewat Google Drive, dan disebarkan oleh salah seorang pengguna Reddit bernama TheHoodieGuy02.

Dalam foto tersebut, terlihat bahwa Dadang Subur sedang mengikuti Pekan Olahrga Nasional (PON), beberapa foto piagam penghargaan catur atas nama Dadang Subur, hingga foto buku langkah-langkah bermain catur yang ditulis sendiri oleh Dadang Subur. Dadang Subur sendiri mulai bermain game catur online di Chess.com atas saran sang anak, Ali Akbar. Dan ternyata sang ayah pun menyukai game tersebut dan mulai rajin bermain di game tersebut.

Klarifikasi GothamChess

Menanggapi postingan Ali, Levy memberikan respon di akun Twitter miliknya @GothamChess, yang saat ini akun tersebut digembok olehnya. Dalam tweet tersebut, Levy mengatakan telah menghubungi Ali dan akan melakukan pembicaraan lebih lanjut mengenai kejadian yang menimpa ayahnya tersebut.

Klarifikasi Chess.com

Sementara itu, dari pihak developer game Chess.com, lewat akun Twitternya @chesscom, memberikan bantahan bahwa pemblokiran akun Dewa_Kipas disebabkan akibat laporan pengguna lain. Mereka mengatakan bahwa akun milik Dadang Subur diblokir setelah ditinjau melakukan pelanggaran peraturan fair play di game Chess.com.

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya