Alasan Kenapa Wanita Harus Kuat dan Mandiri

0

Stigma negatif terhadap kaum hawa memang tidak mudah untuk dihilangkan. Jikalau sudah membahas mengenai karier, kemandirian, kesanggupan, dan hal-hal yang sifatnya menjatuhkan wanita. Apalagi untuk hidup di zaman modern seperti saat ini, banyak sudah wanita yang menunjukkan eksitensinya. Misalnya saja, mulai bermunculannya wanita-wanita dengan pakaian serba mahal dan kariernya melesat cepat. Menjadi wanita yang mandiri dan kuat adalah pilihan hidup. Keputusan yang diambil berdasarkan kemampuan dan juga keadaan yang sedang dihadapi. Mandiri bukan berarti segala sesuatu harus atau dapat dikerjakan sendiri. Karena pada dasarnya setiap kita membutuhkan bantuan orang lain.

Mandiri dan kuat yang dimaksud adalah mencoba untuk melakukan semuanya sendiri terlebih dahulu tanpa harus menungggu orang lain yang mengulurkan bantuan atau tidak mengantungkan hidup kepada orang lain hingga tidak bisa mengambil suatu tindakan dan langkah seorang diri.Oleh karena itu, betapa pentingnya seorang wanita untuk menjadi mandiri dan kuat di dalam hidupnya.

Untuk Menghadapi & Menerima Keadaan yang Tidak Terduga

ads by posciety

Wanita, kenapa harus mandiri dan kuat? Jawaban atas pertanyaan itu adalah karena wanita dituntut untuk dapat menghadapi dan menerima keadaan yang tidak terduga. Seringkali bukan kita (para wanita) dengan tiba-tiba dituntut oleh keadaan yang tak terduga. Keadaan yang mungkin saja membuat kita ingin menyerah saja.

Lalu keadaan tak terduga apa yang membuat wanita harus kuat?  Ketika mereka kehilangan tulang punggung. Pernahkah kalian melihat teman-teman kalian (khususnya wanita) baik anak sulung, anak tengah, maupun anak bungsu yang kehilangan sosok laki-laki (ayah)? Jika pernah, setidaknya kita tahu apa yang pernah diceritakan, seperti keluh kesahnya atau kehampaan yang mereka rasakan karena kehilangan orang tercinta.

Setelahnya, mungkin bisa satu sampai dua tahun lagi. Kita pasti melihat banyak sekali perubahan yang sangat signifikan. Bisa perubahan sikap dan pergaulan yang ke arah lebih baik.

Sebagai Panutan Orang di Sekitarnya

Alasan kedua kenapa wanita harus kuat dan tangguh adalah kelak mereka akan menajdi panutan bagi orang-orang di sekitarnya. Kita pasti pernah bukan merasakan situasi di mana kita dibandingkan dengan anak perempuan dari keluarga lain. Bisa dari saudara ataupun juga tetangga yang paling dekat dengan kita yang memiliki kelebihan nyaris sempurna sebagai anak perempuan. Terkadang mereka akan membandingkan kesuksesan yang diperoleh orang lain. Padahal setiap kita memiliki jalan yang berbeda dan tidak dapat disama ratakan. Terlebih lagi ketika wanita memiliki gelar tinggi tetapi belum mendapatkan pasangan. Mereka diaggap terlalu sibuk tanpa memikirkan masa depan seperti menikah.  

Wanita Mandiri adalah Wanita yang Tangguh

Alasan ketiga kenapa wanita harus mandiri adalah memberikan kesempatan pada dirinya untuk membuktikan bahwa dirinya bisa melakukan apa yang menjadi keinginannya/harapannya. Wanita yang mandiri adalah wanita yang Tangguh karena mereka belajar banyak hal dari kemandiriannya.

Pernah bandingkan kehidupan di luar negeri dengan kehidupan remaja di Indonesia? Di luar negeri msialnya saja Korea Selatan, anak-anak SMA atau remaja membagi waktu mereka untuk belajar dan juga bekerja. Jika kamu perhatikan lagi, banyak sekali drama Korea yang menampilkan anak-anak remaja, khususnya yang masih duduk di kelas menengah atas. Mereka terlihat memerankan adegan bekerja di toko dan kerja kasar lainnya. Bekerja bukanlah tuntutan tapi memang sudah seperti latihan dini untuk dapat beradaptasi dengan dunia di masa yang akan datang.

Bagi yang berhasil mereka akan menikmati kesuksesannya, Namun jangan salah, di Indonesia juga budaya seperti demikian mulai banyak ditiru. Anak perempuan banyak yang memutuskan hidup mandiri tanpa bantuan orang tuanya. Banyak wanita yang memutuskan hidup manidri bukan ingin lepas dari kekangan tetapi lebih kepada ingin mencari jati dirinya dan menemukan orang-orang baru.

Meningkatkan Harga Diri

Hidup mandiri bagi wanita (terkhusunya anak perempuan) bertujuan untuk meningkatkan harga dirinya. Sejak kecil, anak perempuan selalu menjadi perbandingan dari fisik sampai dengan sikap hingga tak jarang mental mereka lemah. Hidup mandiri menjadi alasan mereka untuk membuktikan bahwa mereka juga mampu mensejajarkan dirinya dengan para lelaki.

Wanita di belahan dunia mana pun pasti memiliki harapan dan tujuan hidup masaing-masing. Untuk mencapai tujuan hidup itu cara yang ditempuhnya adalah membiasakan diri untuk hidup mandiri. Mandiri di sini diartikan sebagai upaya meningkatkan harga diri agar dapat beradaptasi dengan keadaan yang tidak terduga.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya