Alasan Pemecatan Pelatih Bayern Munchen Niko Kovac dan 4 Kandidat Pelatih Baru yang Akan Menggantikannya

Untuk sementara kursi pelatih Bayern akan diisi oleh asisten Kovac, Hans Flick. Manajemen klub dipastikan tengah mencari pelatih permanen untuk...


Kovac sudah memasuki musim keduanya bersama Bayern setelah diangkat musim lalu. Kinerja pelatih asal Kroasia itu tak sepenuhnya memuaskan karena Bayern cuma jadi juara Bundesliga musim lalu dan gagal di Liga Champions serta DFB-Pokal.

Padahal dengan materi pemain yang dimiliki, Bayern sudah sewajarnya bisa bersaing di kompetisi Eropa. Tapi, Bayern musim lalu dihentikan Liverpool di babak 16 besar.

Sementara, musim ini Bayern mendapat persaingan begitu ketat dari para rival di Bundesliga, tak cuma Borussia Dortmund. Wajar jika masa depan Kovac lantas dispekulasikan.

Kovac pun mencoba cuek dengan isu yang ada dan memilih fokus dengan pekerjaannya saat ini. Dia pun coba meminta klub dan fans untuk bersabar menanti hasil kerja seorang pelatih.

“Anda butuh waktu. Anda harus mengenal rekan kerja dan juga prosedur yang ada, tapi hal itu tidak berlaku untuk pelatih. Bukan soal saya, tapi secara keseluruhan,” ujar Kovac pada Sportskeeda.

“Klopp sekarang sudah empat tahun di Liverpool, kita bicara soal kontinuitas. Sayangnya hal itu tidak berlaku lagi di sepakbola saat ini,” sambungnya.

Hilangnya Kesabaran Klub dan Fans

Berakhir sudah kebersamaan Bayern Munich dengan Niko Kovac. Usai menelan kekalahan telak di Liga Jerman, Die Roten berpisah dengan pelatihnya itu.

Kovac meninggalkan kursi pelatih di Bayern sehari setelah klub tersebut menelan kekalahan memalukan 1-5 di tangan Eintrach Frankfurt. Hasil laga tersebut membuat Robert Lewandowski dkk duduk di posisi empat klasemen Liga Jerman.

“Performa tim kami dalam beberapa pekan terakhir dan hasil yang diterima menunjukkan butuh ada aksi untuk dilakukan,” ucap CEO Bayern, Karl-Heinz Rummenigge dikutip dari Sky Sports.

“Uli Hoeness (presiden klub), Hasan Salihamidzic (sporting director), dan saya sudah melakukan pembicaraan terbuka dengan Niko terkait hal ini pada hari Minggu yang kemudian disepakati bersama bahka Niko tak lagi menjadi pelatih FC Bayern,” lanjut Rummenigge.

Untuk sementara kursi pelatih Bayern akan diisi oleh asisten Kovac, Hans Flick. Manajemen klub dipastikan tengah mencari pelatih permanen untuk menggantikan Novac.

4 Kandidat Pengganti Kovac di Bayern Munchen

Kovac dikontrak Bayern pada 13 April 2018 sebagai pengganti Jupp Heynckes. Musim lalu dia mempersembahkan treble winner domestik untuk Bayern dengan memenangi Bundesliga, DFB Pokal dan DFL Supercup. Rekornya selama 16 bulan di Allianz Arena adalah 65 main, 45 menang, 12 imbang, dan delapan kali kalah.

1. Massimiliano Allegri

gambar 2 - kandidat pelatih baru munchen massimiliano allegry
img: Google

Usai memecat Kovac, Bayern dikabarkan Bild memasukkan Allegri dalam daftar incaran. Eks pelatih Juventus itu memang tengah menganggur usai pisah jalan dengan Juventus di akhir musim lalu.

Allegri sendiri disebut-sebut tak terlalu buru-buru untuk kembali melatih, diduga menunggu lowongan bagus dari Liga Inggris. Tapi bukan tidak mungkin pelatih 52 tahun itu membuka diri untuk tantangan di Bayern.

Allegri sebelumnya menangani Juventus selama lima musim. Ia membawa Bianconeri juara di Italia dalam lima tahun tersebut, plus memenangi empat titel Coppa Italia dan dua gelar Piala Super Italia. Di Liga Champions, Allegri dua kali menjejak final bareng Juventus.

2. Jose Mourinho

gambar 2 - jose mourinho bayern munchen
img: Google

Bastian Schweinsteiger mendukung kemungkinan Jose Mourinho melatih di Liga Jerman. Dia mengungkap kalau Mourinho sering bertanya soal Bayern Munich.

Mourinho sendiri memang masih menganggur setelah dipecat Manchester United pada Desember 2018. Belakangan, pria asal Portugal itu disebut-sebut akan menggantikan Unai Emery di Arsenal.

Schweinsteiger, yang menghabiskan 13 tahun di Bayern, mengungkap kalau Mourinho pernah bertanya soal mantan klubnya itu saat keduanya bekerja sama di Manchester United. Menurut Schweinsteiger, Mourinho punya ketertarikan ke Liga Jerman.

“Saya bisa bayangkan Mourinho di Jerman,” ujar Schweinsteiger kepada Deutsche Welle seperti dilansir Mirror.

“Saya ingat dia selalu tanya-tanya ke saya soal Bayern dan Bundesliga. Saat pertandingan tandang, selalu ada Bundesliga di TV”.

“Dia benar-benar tahu setiap pemain, bahkan dari tim-tim kecil. Dia juga sempat belajar bahasa Jerman,” katanya.

3. Erik Ten Hag

gmbar 3 - erik ten hag bayern munchen
img: Google

Salah satu calon pengganti Kovac adalah pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag. Sepakbola menyerang ala Ten Hag dianggap cocok dengan karakter pemain Bayern. Apalagi Ten Hag sempat memegang tim junior Bayern di masa kepelatihan Pep Guardiola.

Meski sudah memperpanjang kontrak bersama Ajax, Ten Hag dianggap bisa pergi sewaktu-waktu jika ada tawaran wah. Terkait hal tersebut, Ten Hag tak mau berspekulasi.

“Saya tidak mau membantah soal apapun. Tapi saya hampir 50 tahun dan saya bukan seorang pemimpin. Pilihannya cuma ada tawaran atau tidak,” ujar Ten Hag seperti dikutip Sportskeeda.

4. Arsene Wenger

gambar 4 - arsene wenger bayern munchen
img: Google

Seperti dilaporkan The Sun, Wenger akan berbicara dengan manajemen Bayern usai laga melawan Borussia Dortmund pada Sabtu (9/11/2019). Manajer asal Prancis itu akan mendiskusikan kesempatan melatih Bayern dengan chairman Karl-Heinz Rummenigge.

Wenger sendiri kini sedang menganggur, setelah meninggalkan Arsenal pada musim panas 2018. Pria berusia 70 tahun itu menegaskan masih ingin melanjutkan karier sebagai pelatih.

Adapun Bayern sendiri sudah menegaskan akan mengumumkan pelatih barunya 3 pekan setelah memecat Kovac.

Menarik untuk ditunggu, siapa pelatih Bayern Munchen selanjutnya?


Jangan Lupa Share !!!

106
14 shares, 106 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
10
Bingung
Kesal Kesal
8
Kesal
OMG OMG
10
OMG
Takut Takut
9
Takut
Keren Keren
7
Keren
Sedih Sedih
2
Sedih
Posciety Sports

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia olahraga.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki