Ambang Pembayaran Google AdSense, Atur Suka-Suka !

Bagi para pengguna Google AdSense baru, selamat ! Kalian sudah memiliki penghasilan tambahan. Pengalaman saya, ketika pertama kali disetujui oleh Google AdSense, sempat bingung dan bertanya-tanya “kapan saya mendapatkan pembayaran ?“.

Google AdSense akan membayar sekitar tanggal 21 – 25 setiap bulannya (keterlambatan tergantung dari kesibukan pihak Google AdSense), tapi sejauh ini saya tidak pernah mengalami keterlambatan (selalu menerima tanggal 21). Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui juga mengenai pembayaran Google AdSense yang dijelaskan dibawah ini.

Ambang Pembayaran Google AdSense

Sebelum membahas lebih lanjut, pastikan kalian sudah memahami perbedaan antara Google AdSense Hosted Account & Non-Hosted Account.

Saat ini mungkin beberapa pengguna masih melihat angka 0 alias kosong di saldo Google AdSense, gak perlu khawatir karena kalian hanya perlu tau kapan saldo itu akan terisi. Untuk Hosted Account akan terisi di pertengahan bulan sekitar tanggal 15, sedangkan Non-Hosted Account akan terisi di setiap awal bulan.

Kita ambil contoh misalnya YouTube (untuk hosted account), pengguna selalu dapat melihat estimasi pendapatan di analytics YouTube tapi nilai akhir mungkin saja berbeda. Nah, nilai akhir itulah yang akan dikirimkan Google AdSense ke saldo Google AdSense. Saldo untuk Non-Hosted Account akan terisi setiap awal bulan.

Jadi, jika kalian memiliki Non-Hosted Account + layanan Google seperti YouTube artinya saldo Google AdSense akan terisi 2x setiap bulannya sesuai yang dijelaskan diatas.

Kapan Saya Menerima Pembayaran ?

Tanggal 21 – 25 yang dijelaskan diatas adalah ketentuan utama yang diterapkan oleh Google AdSense dan tidak dapat di ganggu gugat, tapi selain itu ada juga hal lainnya yaitu saldo / pendapatan Google AdSense harus mencapai batas minimum ambang pembayaran.

Apa Itu Ambang Pembayaran ?

Merupakan ketentuan pembayaran yang dapat disesuaikan oleh pengguna, baik dari sisi waktu ataupun jumlah yang dibayarkan.

Default nya, Google AdSense hanya akan membayar jika saldo tersedia minimal $100 USD (sekitar +1 juta jika menggunakan versi Google AdSense terbaru yang sudah menampilkan rupiah). Tapi ini semua dapat diatur sesuai keinginan kalian.

Mengatur Ambang Pembayaran

Masuk ke dasbor Google AdSense (https://www.google.com/adsense) > Pembayaran (jika menggunakan bahasa Indonesia) > Kelola Setelan. Pada bagian Jadwal Pembayaran, klik ikon pensil (edit) untuk mengeditnya.

Catatan: Jika ingin menggunakan setelan pembayaran bawaan Google AdSense (default), tidak perlu mengatur ambang pembayaran.

Ada 2 hal yang dapat disesuaikan yaitu berdasarkan jumlah uang dan berdasarkan waktu, nantinya kedua hal ini akan diterapkan dari “mana yang lebih dulu tercapai“.

Ketika mengatur ambang pembayaran menjadi $170 dan tidak menentukan waktu, maka Google AdSense akan mengirim pembayaran ketika saldo mencapai $170 atau lebih.

Jika ingin menabung di saldo Google AdSense, tentukan waktu penahanan pembayaran (maksimal 1 tahun) maka Google AdSense tidak akan membayar jika belum mencapai tanggal tersebut.

Jangan lupa klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan.

Jika masih berpendapatan kecil, sebaiknya hanya mengatur jumlah uang saja atau tidak diatur sama sekali (default) agar bisa menerima pembayaran lebih cepat.

Pemberitahuan

Jika Google telah mengirimkan pembayaran ke akun AdSense, kamu akan mendapatkan pemberitahuan via email yang bersangkutan dari Google AdSense (saat ini dikirim dari email payments-noreply@google.com). Dalam pemberitahuan email ini Google AdSense hanya memberitahukan bahwa Google AdSense telah mengirim pembayaran dan beberapa tips lainnya. Biasanya ketika saya menerima email ini, saldo bank (BCA) langsung terisi juga.

Jika belum menerima pembayaran, tunggu sampai 5 hari kerja sejak menerima email ini atau hubungi bank terkait untuk dapatkan informasi lengkap.

Jika sudah menerima, kamu dapat membandingkan (jika kamu tidak mempercayai Google) apakah yang dikirimkan sesuai dengan apa yang kamu terima di bank lokal. Masuk ke dasbor Google AdSense maka akan melihat Pembayaran Terakhir (jika menggunakan bahasa Indonesia) di halaman beranda pada bagian Saldo seperti yang dtunjukkan pada gambar dibawah ini:

gambar 1 - ambang pembayaran google adsense - rio bermano

Jumlah yang ditampilkan adalah jumlah yang dikriimkan ke akun bank lokal, jika masih menggunakan Dollar seperti diatas silahkan conver ke Rupiah menggunakan Money Converter untuk mengetahui berapa nilainya dalam Rupiah. Untuk mengetahui lebih rinci lagi tentang pembayaran ini, klik toggle menu (tiga titik) diatas kanan dan pilih Lihat Pembayaran / View Payments maka akan diarahkan ke rincian pembayaran yang diterima setiap bulan atau setiap transaksi.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial mengatur ambang pembayaran Google AdSense.

Selamat mencoba !

Mau mempelajari lebih lanjut tentang Google AdSense ? Kunjungi kategori Google AdSense di blog ini.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Layla
Visitor
Layla

Bang. Kalau hapus adsense tanggal 9. Saldo bulan sebelumnya belum masuk. Itu kira2 Kemana larinya? Apa menjadi hak milih adsense ? Atau di kembalikan ke YouTube ?

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi