What is RSS ?

Banyak sekali orang atau organisasi lain menyusun konten web nya sebagai RSS. sering juga kita lihat RSS atau dengar seseorang mengatakan RSS tapi tidak tahu maskud dan pengertiannya. Come on !

Definisi

RSS merupakan singkatan dari Rich Site Summary, dari maksud kalimat tersebut sudah bisa terlihat tujuan dari RSS. Yakni format untuk menyampaikan secara teratur dalam mengubah konten web. Banyak situs web dari mulai portal berita, blog dan lainnya sindikasi situs web mereka sebagai RSS bagi setiap orang yang memerlukannya. Jika memiliki pelanggan / Subscriber, tentu RSS sangat berpengaruh besar bagi popularitas dan rating pengunjung situs karena dengan RSS, kita dapat mengatur pemberitahuan setiap ada perubahan daftar konten (menambah konten baru) kepada subscriber.

Manfaat & Alasan

Singkatnya sudah saya sebutkan di definisi diatas. Kita dapat (tetap) terus memberikan informasi secara berkala kepada pelanggan ketika ada postingan baru. Dengan begitu, kalian gak perlu lagi mengirim ke satu persatu email pelanggan setiap ada konten baru di situs. Hal ini dapat membantu situs kalian berkembang pesat dan mempertahankan para pembaca / pelanggan.

Saya Simpulkan, Semoga Mudah Dipahami

Ketika kalian memiliki situs web yang halnya berupa konten / artikel, kalian dapat mengirimkan pemberitahuan kepada setiap pelanggan secara otomatis setiap ada konten baru pada situs web. Karena RSS ini membaca summary yang ada pada daftar konten (misalnya menu BLOG), pada menu blog ini biasanya menampilkan deretan semua konten yang pernah kalian buat. Nah, RSS akan otomatis memberitahukan kepada pelanggan kallian ketika ada penambahan konten baru.

Cara kerjanya RSS ini membaca dan menyimpan data summary (urutan) daftar konten, ketika ada penambahan konten maka urutan akan berubah dan disitulah RSS mulai bekerja mengirimkan kepada pelanggan.

Bagaimana Mengatur RSS Untuk Mengirim Otomatis Kepada Pelanggan ?

Hal pertama yang perlu dimiliki yaitu pelanggan, cara pelanggan berlangganan untuk situs website itu bermacam-macam yang salah satunya adalah membuat formulir berlangganan. Kalian pasti sering lihat formulir langganan di situs web, inilah caranya kalian mendapatkan pelanggan. Ketika berlangganan tentu akan diminta memasukkan email yang mana email ini akan dimasukkan ke daftar pelanggan. Email yang terdaftar ini akan otomatis diberitahukan ketika ada konten baru pada RSS Feed situs web yang kalian miliki.

Aplikasi

RSS tentu tidak mudah, tapi banyak penyedia RSS yang gratis dan menyenangkan. Untuk kalian yang lebih mementingkan sistem / kepastian pengiriman RSS bisa menggunakan Google Feedburner. Dengan Google Feedburner ini tidak usah ragu apakah konten baru kalian akan dikirim ke pelanggan atau tidak, karena jawabannya sudah pasti terkirim. Sistem pengirimannya yang aman dan sangat tersusun rapih sehingga tidak akan masuk folder SPAM email pelanggan. Namun kelemahannya dalam desain, Feedburner ini tidak memiliki desain yang menarik dan tidak dapat di kustom. Tampilannya cenderung membosankan karena hanya memberikan Judul konten dan Excerpt saja. Tapi jika menginginkan desain kustom dan unik bisa menggunakan aplikasi lain misalnya Mailchimp. Mailchimp ini sangat memberikan leluasa kepada penggunanya untuk mengkustom template emailt termasuk email RSS. Jadi, kalian bisa mengatur desain dan tata letak email ketika email tersebut terkirim ke pelanggan. Tentu hal ini lebih menarik perhatian pelanggan terutama jika desain yang dibuatnya unik dan elegan.

Membuat Form Pelanggan

Untuk memiliki pelanggan tidak mungkin kita mencuri alamar email pelanggan kemudian daftarkan ke daftar pelanggan satu persatu secara manual tapi kita memerlukan formulir langganan yang memungkinkan pengunjung situs web mendaftar untuk menjadi pelanggan. Biasanya, setiap email marketing memiliki fitur formulir berlangganan yang dapat ditempelkan pada situs web tapi jika tidak yakin silahkan gunakan 2 aplikasi yang saya sebutkan diatas. Pada Feedburner dan Mailchimp memiliki fitur formulir berlangganan yang bisa ditempelkan pada situs web. Sekali lagi, dari segi formulir pun Feedburner kalah soal desain oleh Mailchimp. Dengan Mailchimp, kalian dapat mengatur pemberitahuan (waktu dan jam) – warna formulir – sistem pendaftaran pelanggan – dsb.

Menemukan RSS Feed

Karena tujuannya untuk mengirimkan pemberitahuan kepada pelanggan ketika ada konten baru, tentu kita harus menentukan RSS Feed situs. Caranya mudah sekali, untuk menentukan RSS Feed sudah pasti BUKAN halaman statis tapi halaman deretan konten situs misalnya di situs saya ini terdapat halaman BLOG yang menampilkan deretan konten blog yang sudah saya buat dan publikasikan. Itulah RSS Feed. Ketika ada konten baru pada deretan tersebut akan dibuatkan pemberitahuannya oleh RSS kepada pelanggan. Tidak hanya artikel, bisa juga produk toko atau yang lainnya tapi yang jelas berupa deretan / feed sebuah konten situs.

Semoga bermanfaat, have a nice day…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi