Apa Arti Ghosting / Dighosting ?

0

Apa arti ghosting? Dalam terjemahan, ghosting berarti berbayang. Tapi memang bener kok kalau itu artinya. Namun, berbayang bukan arti sebenernya. Seringkali orang-orang mengatakan “Eh, gue dighosting doi, nih” “Gue dighosting dosen sendiri, padahal mau bimbingan!” tapi kalian yang menanggapi pasti bingung apa maksudnya.

Ghosting sendiri merupakan pemberian silent treatment kepada seseorang. Atau gampangnya saja, didiemin, dicuekin, dianggap seperti hantu (tidak terlihat), pokoknya bentuk apapun yang menunjukan perilaku menghindar atau ignorant.

Menyebalkan bukan? Kita kan manusia, bukan hantu, tidak sepatutnya diberi silent treatment, kita masih terlihat tapi dianggap seakan-akan tidak ada. Itulah mengapa disebut ghosting.

ads by posciety

Apa Sih Penyebab Ghosting ?

Biasanya, orang yang melakukan ghosting kepada orang lain karena memang berniat untuk menghindar dan sedang tidak ingin berinteraksi. Tapi, dampaknya buat orang yang dighosting juga cukup berat, loh. Apalagi untuk yang memiliki gangguan panik, bakalan panik sejadinya tuh dan bisa overthinking.

Karena memang mereka biasanya yang melakukan ghosting atau silent treatment itu memang sengaja memutus hubungan, entah itu pertemanan, pacaran, atau sekedar relasi. Namun, perilaku silent treatment terkadang dianggap tidak bertanggung jawab, karena mereka mendiami seseorang tanpa alasan yang jelas dan membuat orang lain berasumsi dengan pikiran buruknya.

Maka dari itu, sebaiknya jika memang sudah kepengen putus, kasih alasan yang sejujurnya ya guys, walaupun menyakitkan, daripada ninggalin tanpa kejelasan. Kasihan, anak orang jadi nungguin, loh. 🙁

Tapi, tidak selamanya buruk, bisa saja mereka sedang butuh quality time dengan dirinya sendiri tanpa gangguan orang lain, jadi main hilang aja. Jangan overthinking dulu, ya. Sebaiknya kita tanyakan dulu, alasan mereka mendiami kita. Kita juga harus menghargai keputusan mereka jika itu memang alasan sebenarnya.

Ghosting juga biasanya dilakukan oleh mereka yang ingin memutus hubungan toxic dengan seseorang. Diomongin bareng percuma, malah jadi makin ribut, akhirnya mereka melakukan ghosting. Gak ada salahnya ya, karena kita hidup juga memprioritaskan kenyamanan kita dan kesehatan mental kita sendiri. Daripada masih berhubungan tapi malah bikin sakit terus, ngebatin terus, malah jadi gak sehat.

Itu saja penjelasan mengenai ghosting, dengan membaca artikel ini, semoga kalian bisa jadi saling memahami dan menghargai keputusan orang ya, jangan asal judge dan berasumsi dulu, kita tidak tahu apa alasan dibalik mereka melakukan hal tersebut. Kitra instropeksi diri, dan juga untuk kamu yang suka ghosting, kurang-kurangin ya, sebaiknya kalau memang orang lain ada salah, kamu kasih tahu kesalahannya dimana demi mengurangi kesalah pahaman.

Jadi, kita harus saling memahami dan menghargai. Okay? 🙂

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya