Apa Artinya Al-Jami’?

Dalam agama Islam, ada yang disebut dengan Asmaul-Husna, yaitu merupakan kumpulan nama-nama yang mewakili sifat-sifat Allah yang baik. Asmaul husna berjumlah 99 nama, salah satunya adalah Al-Jami’.

Arti Kata Al-Jami’

Al-Jami’ secara bahasa artinya Yang Maha Mengumpulkan/Menghimpun, yaitu bahwa Allah SWT Maha Mengumpulkan/Menghimpun segala sesuatu yang tersebar atau terserak. Allah SWT Maha Mengumpulkan apa yang dikehendaki-Nya dan di mana pun Allah SWT berkehendak.

Penghimpunan ini ada berbagai macam bentuknya, di antaranya adalah mengumpulkan seluruh makhluk yang beraneka ragam, termasuk manusia dan lain-lainnya, di permukaan bumi ini dan kemudian mengumpulkan mereka di padang mahsyar pada hari kiamat. Allah SWT berfirman:

رَبَّنَآ إِنَّكَ جَامِعُ ٱلنَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُخْلِفُ ٱلْمِيعَادَ

Artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”. Sesungguhnya Allah Swt. tidak menyalahi janji.”(QS. Ali Imran/3:9).

Allah SWT akan menghimpun manusia di akhirat kelak sama dengan orang-orang yang satu golongan di dunia. Hal ini bisa dijadikan sebagai barometer, kepada siapa kita berkumpul di dunia itulah yang akan menjadi teman kita di akhirat.

Walaupun kita berjauhan secara fisik, akan tetapi hati kita terhimpun, di akhirat kelak kita juga akan terhimpun dengan mereka. Begitupun sebaliknya walaupun kita berdekatan secara fisik akan tetapi hati kita jauh, maka kita juga tidak akan berkumpul dengan mereka.

Ada 2 pelajaran yang dapat kita petik dari asma Allah al-Jami’. Pertama, Allah akan mengumpulkan kita nanti pada hari Akhir. Kedua, sebagai khalifah, wakil yang dipercaya Allah untuk mengatur kehidupan alam semesta ini.

Kita harus membumikan al-Jami’ dalam kehidupan. Kita harus menjadi katalisator untuk terbentuknya persatuan dan kesatuan mahkluk-makhluk Allah sehingga menjadi satu kesatuan sIstem kehidupan yang harmonis dan saling membutuhkan.

Contoh perilaku yang dapat diteladani yaitu seperti menjadi pemimpin, mempersatukan orang yang sedang berselisih, hidup bermasyarakat, dll.

Arti Kata Al-Jami’ pada “Masjid Jami'”

Sebenarnya, kata Al-Jami’ sangat sering kita dengar sebagai pengikut dibelakang kata Mesjid. Mesjid Jami’. Sama seperti Al-Jami’ dalam Asmaul-husna, Al-Jami’ disini juga memiliki arti kata mengumpulkan. Ini dikarenakan Mesjid Jami’ biasanya memiliki ukuran yang lumayan luas dan dijadikan sebagai tempat berkumpul umat muslim.

Selain menjadi tempat ibadah, Mesjid Jami’ juga sering digunakan sebagai sarana silaturahim, kajian-kajian ilmu agama, dan lain-lain.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi