Apa Artinya Alhamdulillah?

0

Makna dari Alhamdulillah tak sekedar pujian untuk Allah SWT. Namun juga mengungkapkan rasa syukur atas dasar ikhtiar yang dilakukan oleh manusia ataupun tanpa ikhtiar.

Sudah umum bagi umat muslim mengetahui kalimat tahmid yang berbunyi الحمدلله yang artinya segala puji bagi Allah. Namun, kalimat tahmid yang memuji Allah SWT tersebut tak hanya memiliki satu arti. الحمدلله ternyata memiliki arti yang luas.

Hal ini sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk mengetahui apa arti luas dari kalimat tahmid tersebut dan menerapkannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Dalam surah Al-Fatihah juga terdapat kalimat tahmid yang disambung dengan kalimat lain, yaitu لمىن ربّ اْلعا الحمدلله yang berarti “Segala Puji Bagi Allah, Tuhan Semesta Alam”. Tak hanya di Al-Fatihah, kalimat tahmid juga muncul di beberapa surah Al-Qur’an, yaitu surat Al-Yunus, dan Al-An’am.

Lalu, Apa Arti Luas dari الحمدلله?

Makna dari Alhamdulillah tak sekedar pujian untuk Allah SWT. Namun juga mengungkapkan rasa syukur atas dasar ikhtiar yang dilakukan oleh manusia ataupun tanpa ikhtiar, yang berarti bentuk segala kebaikan. Contohnya saja saat kita diberi kesehatan dan diberi nafas yang panjang di pandemi ini, ataupun ketika kita dapat menghirup udara segar.

Namun, arti Alhamdulillah terdapat perbedaan pada Hamd, Madh, dan Syukr. Untuk penjelasan di bawah ini:

1. Dalam Madh, tak menandakan dengan adanya ikhtiar dari makhluk, atau perbuatan baik itu tidak selalu berbentuk ikhtiar. Dalam Madh, pujian diberikan untuk setiap perbuatan baik, entah itu ikhtiar ataupun tidak. Seperti yang sudah dituliskan di atas, misalnya saja dapat menghirup udara yang segar dan merasakan air jernih. Madh lebih cenderung kepada pujian yang bersifat alami.

2. Berbeda dengan Hamd, Hamd sendiri cenderung memuji karena adanya bentuk ikhtiar. Namun, semua perbuatan Madh, di dalamnya terdapat perilaku Hamd.

Lalu, Hamd juga berbeda artinya dengan Syukr. Syukr berarti bersyukur atas karunia yang sampai kepadanya, seperti sesuatu yang bermanfaat dari karunia yang diberikan kepadanya. Berbeda dengan Hamd, Hamd sendiri mutlak bersyukur dan memuji atas apa yang diikhtiarkan, kebaikan yang datang kepadanya ataupun tidak datang.

Dalam hal ini, jelas Hamd memiliki arti yang lebih tepat, karena pada dasarnya Hamd menegaskan adanya pujian dalam sebuah karunia yang dilakukan atas ikhtiar. Hamd digunakan ketika mereka memuji sesuatu yang sudah mereka usahakan, walaupun tidak membuahkan hasil, namun mereka akan tetap memuji dan bersyukur, jadilah ikhtiar dalam tindakan mereka ditegaskan. Itulah Hamd.

Lebih jelasnya, jika Hamd adalah ungkapan terima kasih dan pujian secara total kepada-Nya, baik saat diberikan karunia ataupun tidak. Jika Syukr, memuji atas apa yang diberikan oleh-Nya, dan dari hal di atas, bahwasanya ucapan Alhamdulillah memiliki makna pengakuan dalam sebuah perbuatan-Nya yang terbaik atas ikhtiar-Nya. Yang berarti, mengakui atas semua karunia dan perbuatan yang diberikan oleh-Nya kepada makhluk-Nya yang didasari atas ikhtiar.

Dengan kesimpulan, bahwa Allah memerintahkan kita untuk selalu bersyukur dan memuji setiap saat, tidak saat menerima sesuatu saja. Namun harus secara total.

Jika sudah mengerti makna luas dari Alhamdulillah, maka sebaiknya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengucapkan Alhamdulillah juga mendapatkan manfaat yang setimpal, di antaranya:

1. Mendapat pahala memuji atas aeagungan Allah SWT berarti kita mengakui bahwa Allah SWT maha besar dan segala-galanya yang dapat memberikan kita semuanya dan menghendaki segala sesuatu. Dengan mengakui hal tersebut, Allah akan memberikan kita pahala. Bahwasanya sangat mudah mencari pahala, karna mengucapkan Alhamdulillah pun dapat menerima pahala.

2. Diampuni dosanya

3. Diberi rejeki yang berlimpah

4. Menenangkan jiwa

5. Menjadi pribadi yang lebih tenang dan dapat mengontrol amarah

Itu saja yang dapat disampaikan, untuk kurang lebihnya mohon dimaafkan, semoga Allah senantiasa memberi banyak karunia dan nikmat yang berlimpah, entah itu akhirat ataupun duniawi. Semoga kita semua dihindarkan dari hal yang buruk dan didekatkan dengan hal yang baik. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya