Apa Artinya ALPHA FEMALE ? Berikut Arti & 17 Kriteria Alpha Female

0

Mungkin beberapa orang baru mengenal istilah tersebut. Istilah Alpha Female kerap dikategorikan sebagai perempuan yang mandiri, dominan, memiliki kemampuan memimpin, penuh ambisi, percaya diri, dan dihormati orang-orang di sekelilingnya.

Alpha Female diambil dari kata Alpha, yaitu pemimpin yang mampu mengerahkan kemampuannya untuk menggerakkan orang lain, sedangkan Female berarti wanita.

Perempuan yang masuk ke dalam kategori Alpha Female ini diakui karena bisa memberikan dampak besar dalam pengambilan keputusan. Selain memiliki prinsip yang kuat dan karakternya cukup menonjol, ia juga bisa menularkan rasa percaya diri tersebut ke orang lain yang ada di belakangnya.

ads by posciety

Perempuan yang masuk ke dalam kategori Alpha Female ini dipandang sangat keren dan kerap dijadikan panutan oleh para perempuan lainnya. Mereka juga begitu cerdas sehingga tak perlu memberikan usaha ekstra untuk terlihat menonjol dibandingkan yang lainnya.

Lantas, apa saja kriteria-kriteria perempuan yang termasuk ke dalam kategori Alpha Female? Berikut ini penjelasannya.

Kriteria Alpha Female

Seorang Alpha Female akan menganggap prestasi merupakan tujuan utama dan yang lainnya hanyalah pelengkap. Dalam sebuah hubungan, Alpha Female tentu ingin lebih mendominasi. Oleh karena itu, Alpha Female sebaiknya jangan menjalin hubungan dengan pria berkarakter Alpha Male.

Selain seperti gambaran di atas, ada juga beberapa karakteristik perempuan yang masuk ke dalam kriteria Alpha Female, diantaranya:

Mandiri

Alpha Female identik dengan Independent Woman. Perempuan yang masuk kategori Alpha Female ini memiliki sifat mandiri dan tidak takut untuk melakukan banyak hal sendirian. Baginya, aktivitas yang dilakukan sendiri sangatlah menyenangkan dan menjadi sesi healing tersendiri bagi mereka.

Tak hanya kegiatan yang tujuannya sebagai hiburan, Alpha Female sejatinya memang tak pernah keberatan untuk melakukan segalanya sendiri, mulai dari pekerjaan, kegiatan rumah tangga dan aktivitas lainnya.

Mereka enggan mengandalkan orang lain selama mereka mampu, tapi juga karena mereka mampu. Bukan berarti perempuan berkarakteristik Alpha Female ini sombong, karena mereka memiliki kepribadian suka menolong.

Suka Menolong

Alpha Female menawarkan diri untuk membantu dan vahkan ia dicari untuk dimintai tolong. Ia akan senantiasa mencari cara untuk membantu kesulitan yang dialami oleh orang lain. Ia pun akan memberi bimbingan untuk para junior untuk menemukan jati diri, bukan menjatuhkan orang lain.

Punya Tujuan dan Impian

Para Alpha Female memiliki tujuan hidup yang terarah dan mimpi yang besar. Mereka tak ragu untuk bermimpi dan memiliki cara dan langkah yang jelas untuk mencapai tujuannya. Tujuan fisik, mental, dan spiritual yang ditetapkan untuk diri sendiri lebih dari sekadar hal-hal yang ingin dicapai.

Seorang Alpha Female mampu mewujudkan hal-hal yang besar dan kerap dianggap tak mungkin diwujudkan oleh wanita.

Perempuan yang masuk ke dalam kategori ini tidak mengenal kata menyerah karena mereka memiliki kemauan yang tinggi, kuat dan cerdas. Karena hal tersebut berkaitan nantinya dengan mimpi dan tujuan hidup mereka.

Ambisius

Alpha Female tidak akan diam dalam satu situasi yang lama. Ia akan mencari kesempatan dan tantangan lain. Sifat ambisius ini pun ditandai dengan mencari mentor baru untuk mengasah diri kembali.

Hal ini dimaksudkan agar ia bisa mendapatkan penghasilan, kesempatan, dan kehidupan yang lebih baik lagi.

Karena memiliki mimpi besar menjadikan para alpha female menjadi seseorang yang ambisius. Mereka memiliki kemauan yang kuat dan cerdas dalam mencari cara yang tepat demi mewujudkan keinginannya. Mereka menyukai tantangan untuk melatih kemampuan yang mereka miliki. Tantangan dan kesempatan yang mereka ambil pun sebanding dengan usaha yang mereka kerahkan.

Cerdas Intelektual Maupun Emosional

Menjadi pemimpin perlu memiliki kecerdasan emosi (EQ) tinggi. Seorang Alpha Female punya kecerdasan tinggi untuk bagian ini. Ia mampu mengenali, memahami, dan mengatur emosinya sendiri saat memimpin. Di samping itu, Alpha female pun bisa menularkan emosi positifnya tersebut kepada orang lain.

Tipe-tipe perempuan Alpha Female adalah cerdas, baik secara intelektual maupun emosional. Ini bisa dibuktikan dari sifatnya yang ambisius dan kemauan yang kuat membuat mereka mempertajam kemampuan, baik dari segi keilmuan maupun berperilaku.

Seorang alpha female juga bisa meredakan perselisihan yang terjadi di kelompok. Ia bisa menghubungkan antara satu orang dengan yang lain dan memulai percakapan saat semuanya malu-malu.

Sangat Dominan

Perempuan berkarakter Alpha Female ini cenderung sangat dominan. Bahkan sifat ini juga terbawa ke dalam sebuah hubungan percintaan. Ini bisa berakibat baik dan buruk, tergantung dari pasangannya. Biasanya pria akan merasa terintimidasi apabila wanitanya yang lebih dominan.

Kerap Jadi Pusat Perhatian

Dalam pertemuan sosial, seorang Alpha Female mungkin menjadi orang yang berbagi cerita menghibur dan membuat semua orang tertawa tak terkendali.

Ia mencuri perhatian semua orang dan menangkap mereka dengan energi yang dimilikinya. Sifat percaya dirinya sangat menuntut perhatian dari semua orang yang berhubungan dengannya.

Kepribadian yang charming, berani, ditambah cerdas dan menonjol membuat para Alpha Female kerap menjadi pusat perhatian. Mereka juga senang ketika sedang berada dalam situadi ini. Belum lagi mereka juga sering menunjukkan performa yang baik misalnya dalm hal pekerjaan, tentunya membuat Alpha Female dipandang cerdas dan penuh dengan integritas.

Bisa Menjadi Pemimpin yang Baik

Suka mendominasi, berani, dan cerdas rupanya membuat para Alpha Female dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. Mereka juga cermat dalam mengambil keputusan dan mengendalikan orang lain.

Seorang Alpha Female selalu memandang kepemimpinan sebagai sesuatu yang sangat dia sukai. Ia sangat tahu bahwa dirinya bisa menginspirasi banyak orang. Ia juga tahu bisa memberikan dampak yang baik untuk orang lain.

Tak hanya itu, mereka yang jujur dan vokal terhadap berbagai hal membuat banyak orang ingjn mengikuti mereka dan menjadikan panutan. Belum lagi sifat mereka yang tegas, membuat mereka begitu disegani.

Pasangan yang Bisa Diandalkan dalam Banyak Hal

Tak hanya sukses dalam karier, kelebihan dari seorang Alpha Female adalah bisa dijadikan sebagai pasangan yang dapat diandalkan. Mereka sangat cerdas, sehingga mereka kerap dijadikan teman bertukar pikiran dan diskusi oleh pasangannya.

Tidak hanya itu, mereka yang independent membuat para pria memandang mereka sebagai wanita yang berbeda dan dianggap bisa menjadi pasangan yang mandiri.

Seorang Alpha Female mampu membangun sebuah hubungan menjadi harmonis. Saat si Alpha Female menghilang, keharmonisan ini akan meluntur perlahan.

Cenderung Menyukai Pria yang Bisa Mengimbanginya

Alpha Female cenderung menyukai pria yang mampu mengimbangi mereka (dari segi kepribadian, kecerdasan, dan lainnya). Ketika mencintai seseorang, mereka akan menjadi pribadi yang mempunyai jati diri dan prinsip.

Karena salah satu tujuan Alpha Female dalam membangun hubungan romantis adalah mereka ingin memiliki teman berdiskusi yang click dengan pemikiran mereka. Meski dominan, Alpha Female sangat menghargai masukan dari pasangan. Oleh sebab itu, mereka menyukai pria yang juga cerdas.

Di samping itu, Alpha Female merupakan perempuan yang penyayang dan lembut, namun tidak lemah. Hanya saja Alpha Female membutuhkan pasangan yang sama tegasnya dengan mereka.

Selalu Mau Belajar

Alpha Female tidak menutup diri dengan hal-hal baru disekitarnya. Ilmu baru bisa jadi tantangan yang harus dihadapi.

Jiwa kepemimpinannya membuat seorang Alpha Female akan rajin mengikuti pelatihan di bidang tertentu untuk memperdalam ilmunya. Baginya, pemimpin yang baik itu selalu terbuka untuk belajar dab selalu ingin menguasai suatu bidang.

Mental yang Kuat

Seorang Alpha Female memiliki ketangguhan dalam mentalnya. Ia bisa menjadi sangat kuat dalam menghadapi tantangan dan kehidupan sehari-hari.

Kekuatan ini bisa ditunjukkan setiap saat di mana pun ia berada, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Penuh Rasa Percaya Diri

Seorang Alpha Female memiliki sifat percaya diri yang tinggi. Hal tersebut bisa menular ke orang lain. Saat seorang pemimpin percaya diri, hal tersebut akan diikuti oleh orang-orang yang dipimpinnya.

Alpha Female selalu menganggap dirinya setara dengan orang lain untuk menunjukkan bahwa setiap orang bisa melakukannya. Karena anggapan itu juga, Alpha Female akan disegani.

Memiliki Kedekatan dengan Orangtua

Dalam kasus ini, Alpha Female akan sangat dekat dengan ibunya. Pasalnya, perempuan yang kuat pasti dibentuk oleh ibu yang kuat juga. Kedekatan ini yang akan membangun individu Alpha Female yang sangat baik.

Memahami Pentingnya Keseimbangan

Seorang Alpha Female paham betul bahwa kesehatan mental, kesehatan fisik dan spiritual harus dijalankan secara seimbang.

Biasanya mereka berkomitmen untuk memperbaiki diri serta bekerja secara menyeluruh pada masing-masing bidang tersebut.

Tidak Mudah Menyerah

Karena sifatnya yang ambisius dan selalu mau belajar, seorang alpha female cenderung tidak mudah menyerah.

Ia bertahan dengan tujuan dan tekad. Ketekunan itulah yang memberi Alpha Female kebebasan untuk menjadi berani dan tangguh.

Kualitas inilah yang membedakan seorang Alpha Female dengan orang lain dalam meraih kesuksesan. Mereka akan selalu terlihat menakjubkan.

Berani Mengambil Resiko

Perempuan Alpha Female berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyamannya untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Mereka cenderung merasa bosan apabila berada di zona nyaman terus. Mereka cenderung mencari tantangan dengan segala resiko yang telah mereka perhitungkan sebelumnya.

Seperti itulah karakteristik Alpha Female. Seorang Alpha Female bisa membuat perubahan dalam sebuah kelompok dengan kepercayaan dirinya. Ia pun akan senantiasa membantu orang lain di dalam kelompoknya untuk lebih berkembang ke arah yang positif. Selain itu, ciri-ciri Alpha Female yang paling kentara adalah percaya diri dan kuat dalam menjalani kesehariannya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya