Apa Artinya Cuan?

0

“Wah Cuan nih.”

Pernah nggak kamu mendengar orang-orang di sekitarmu menggunakan frasa ‘cuan’? Jika pernah, menurutmu apa sih arti kata tersebut? Sebagian mungkin mendefiniskan kata ‘cuan’ sebagai pengganti dari kata ‘uang’. Namun tidak banyak juga yang tahu dari mana asal muasal kata tersebut.

Setelah ditinjau dari beberapa literatur yang telah dipublikasikan sebelumnya, baik dalam bentuk artikel, kolom, esai maupun karya fiksi. Kata ‘CUAN’ ini ternyata banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pengganti kata ‘laba’, ‘keuntungan’, ‘pendapatan berlebih’, ‘sumber pendapatan atau penghasil uang’, dan masih banyak lagi definisi maknanya.

Tahukah kamu ternyata Cuan itu berasal dari bahasaTionghoa. Cuan dalam bahasa Indonesia termasuk kelas kata adjektiva (sifat). Sehingga cuan dapat mengubah atau menjadi kata ganti atau kata benda dengan menjelaskan sesuatu atau membuatnya lebih spesifik lagi.

Belakangan ini dunia saham yang diberitakan melalui artikel ekonomi mengenai investasi cukup akrab dengan kata cuan sendiri. Bagi para pemain trader-trader di Indonesia, kata ini merupakan slank yang sudah tak asing lagi. Karena kerap kali dihubung-hubungkan atau dikaitkan dengan sesuatu hal yang menghasilkan laba atau keuntungan.

Frasa Cuan yang sangat sering diucapkan baik dalam percakapan langsung, melalui pesan teks ataupun melalui forum dan grup investasi daring. Setelah ditelusuri lebih jauh lagi mengenai asal mula pemakaian istilah cuan ini, maka kamu harus tahu bahwa kata cuan digunakan oleh beragam pengusaha-pengusaha asal Tiongkok di negara mereka.

Jika berbicara mengenai dunia trading saham ataupun trading forex, seorang pebisnis asal Tiongkok tentunya akan turut serta dalam menggunakan kata cuan. Ini juga karena kebanyakan orang Tiongkok yang menguasai pasar modal teramat sering menggunakan kata cuan. Apalagi alasannya jika bukan karena orang Tiongkok terkenal sangat lihai dalam berbisnis.

Bicara soal istilah trading, maka kamu bisa memahami berbagai aktivitas dalam transaksi pasar modal. Ini termasuk saham dalam transaksi saham, valuta asing, reksa dana, komoditi, emas dan perdagangan yang dilakukan tidak secara daring juga menggunakan kata ‘cuan’. Secara sederhana, pengertian daripada cuan adalah benutuk dari untung, khususnya keuntungan dari transaksi sekuritas ataupun dari surat berharga dan juga mata uang asing. Sehingga, jika merujuk pada makna tersebut, maka cuan bisa juga diartikan segala bentuk daripada keuntungan dalam melakukan bisnis atau perdagangan.

Itulah penjelasan singkat mengenai cuan yang perlu kamu ketahui. Jadi kesimpulannya adalah kata cuan merupakan kata dari kelas adjektiva yang digunakan untuk mengubah kata benda atau sebagai kata ganti. Penggunaannya dimulai oleh para pelaku bisnis saham asal Tiongkok. Cuan merupakan sebuah arti dari keuntungan yang erat kaitannya dengan model investasi. Intinya, konteks yang berhubungan dengan laba atau keuntungan pastinya lebih banyak menggunakan kata cuan sebagai kata ganti.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya