Apa Artinya EQUANIMITY ?

Mungkin beberapa orang belum mengetahui arti dari kata ‘equanimity’. Atau bahkan ada yang baru mendengar kata tersebut.

Kata ‘equanimity memang jarang digunakan dalam suatu percakapan, sehingga orang-orang tidak tahu maksud dari kata-kata tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan dan arti kata ‘equanimity’.

Arti Kata Equanimity

Equanimity merupakan istilah Bahasa Inggris yang artinya kesabaran atau ketenangan hati. Kalau dijabarkan, equanimity itu memiliki arti tetap tenang meski sedang di bawah tekanan.

Penggunaan

Penggunaan kata equanimity biasanya digunakan untuk mengistilahkan seseorang yang sedang melakukan meditasi. Kalau dalam meditasi, istilah ‘equanimity’ digambarkan sebagai suatu keadaan stabilitas dan ketenangan psikologis yang tidak terganggu oleh pengalaman atau paparan emosi, rasa sakit, atau fenomena lain yang dapat menyebabkan orang lain kehilangan kesadaran, keseimbangan pikiran mereka.

Jadi, kata ‘equanimity’ bila dilihat dari segi agama (Hindu dan Budha) dan filsafat kuno, arti dari kata tersebut lebih cenderung ke arah keseimbangan batin.

Kata ‘equanimity’ ini bisa dibilang sinonim dari kata chill (tenang, santai) dan calm (tenang). Namun, kata ‘equanimity’ lebih halus terdengarnya dan juga lebih baik daripada kedua kata tersebut (chill dan calm).

Apa Artinya?
Komentar (0)
Tambah Komentar