Apa Artinya Fi Amanillah?

Banyak sekali kata-kata populer yang merupakan serapan dari selain bahasa ibu. Terutama untuk salam perpisahan, beberapa orang mulai meninggalkan kalimat “Sampai Jumpa”, “Selamat Tinggal”, dan kata perpisahan bahasa Indonesia lainnya dan beralih ke bahasa asing seperti “Good bye” “Can’t wait to see you soon”, dsb.

Namun, ternyata Islam mempunyai cara tersendiri menjadikan perpisahan penuh doa dan berkah dengan mengatakan “Fi Amanillah”.

Lalu apa sih arti Fi Amanillah tersebut? Yuk simak penjelasan berikut selengkapnya!

Arti Fi Amanillah

Fi Amanillah berasal dari bahasa Arab yang terdiri atas 3 kosa kata yang di gabungkan yaitu : في امان الله , yang artinya:

Fi : Di / di dalam

Amani: Keamanan, perlindungan, penjagaan

Illahi: Allah, Tuhan

Artinya, secara bahasa Fi Amanillah berarti “Di dalam Perlindungan Allah”.

Fii amanillah secara istilah mengandung arti “semoga engkau ada dalam lindungan Allah”.

Saat kita membaca artinya, rasanya kita semua sepakat bahwa ucapan ini memang sangat cocok diucapkan kepada orang yang bepergian. Ucapan ini berisi doa dan harapan agar orang yang bepergian tersebut dilindungi Allah dalam perjalanannya.

Kalimat Fii Amanillah ini mengandung kebaikan yakni doa keselamatan agar perjalanan seseorang senantiasa ada dalam lindungan Allah SWT. Oleh sebab itu, banyak ahli agama yang menganjurkan agar ucapan selamat jalan diganti dengan Fii Amanillah tersebut.

Berbeda dengan ucapan ‘selamat jalan’, kepedulian di dalam kalimat ‘fii amanillah’ ini jauh lebih kuat sebab secara tidak langsung kita sedang mendoakan kebaikan kepada mereka agar terlindung baik dari bahaya, musibah, gangguan dan lain sebagainya.

Situasi Lain Pengucapan Fi Amanillah

Sebenarnya, kata fii amanillah bukan hanya diucapkan kepada orang yang sedang bepergian. Ucapan ini juga cocok digunakan pada kondisi atau situasi lainnya. Sebab, jika dilihat dari artinya (semoga engkau ada dalam lindungan Allah), maka Fii Amanillah bisa diucapkan pada keadaan berikut ini:

  • Bertemu orang yang terkena musibah
  • Mengetahui seseorang sedang menghadapi masalah
  • Orang yang sedang menduduki jabatan tertentu
  • Menutup pembicaraan di telpon, sebelum ucapan salam
  • Orang yang sedang mengerjakan sesuatu yang sangat berbahaya

Balasan / Jawaban dari Fi Amanillah

Sama halnya saat kita mengucapkan Assalamu’alaikum, maka orang akan membalas dengan ucapan Wa’alaikumus salam. Begitu pun dengan ucapan fii amanillah ini, juga memiliki balasan atau jawaban kepada orang yang mengucapkannya.

Jadi, saat kita mendapatkan ucapan Fii Amanillah, maka kita bisa membalasnya dengan ucapan Ma’assalamah, yang berarti “semoga keselamatan selalu menyertaimu”. Jadi, ucapan ini sebagai balasan doa kepada orang yang mengucapkan Fii Amanillah.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi