Apa Artinya HAREUDANG?

0

Hareudang berasal dari bahasa Sunda yang biasa digunakan dalam keadaan kesal karena suatu hawa atau udara yang tidak baik dan bisa saja menjadi lucu terutama jika disebutkan oleh orang di luar suku Sunda. Bahkan lagu dengan judul Hareudang belakangan ini menjadi viral, artinya tidak hanya orang Sunda saja yang menikmati tapi ada selain orang Sunda yang merasa terhibur dengan lagu Hareudang tersebut.

Arti Hareudang

Hareudang = Gerah/ hawa Panas sehingga membuat berkeringat

Kondisi

Orang sunda sering kali menyebutkan Hareudang ketika ia merasa gerah yang disebabkan oleh cuaca atau suhu pada suatu tempat yang cukup panas sehingga berpotensi untuk berkeringat, namun kata Hareudang ini entah kenapa menjadi lucu dan membuat kita terhibur ketika disebutkan oleh orang yang tidak bisa berbahasa Sunda. Mungkin karena intonasinya yang keluar dari mulutnya berbeda dengan orang Sunda.

Kata Hareudang juga sama seperti Gerah dalam bahasa Indonesia yang bisa dijadikan kiasan, misalnya ada seseorang yang menggunakan pakaian tebal di siang bolong di bawah terik matahari atau di dalam ruangan yang cukup panas suhunya maka kita sebutkan “Hareudang” alias kita merasa gerah melihat orang itu.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya