Apa Artinya HEALING ?

0

Di sana healing di sini healing. Akhir-akhir ini, kebanyakan orang terutama kalangan anak muda update status mengenai “healing”. Istilah kekinian ini kerap digunakan warganet untuk mengungkapkan sesuatu yang menyenangkan melalui unggahan media sosial.

Padahal jika dilihat dari segi ilmu psikologis, makna dari healing itu sendiri bukanlah seperti itu. Tidak hanya sekadar makan enak, liburan, atau foya-foya. Lantas, apa sebenarnya healing itu? Berikut ini penjelasannya.

Arti Kata HEALING

ads by posciety

Healing merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang artinya penyembuhan. Merujuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, arti kata healing adalah menyembuhkan.

Istilah healing biasanya dikaitkan dengan self healing yang artinya sebuah proses untuk penyembuhan diri dari luka batin. Makna dari healing tersebut adalah untuk mendapatkan ketenangan batin, mengurangi rasa cemas, khawatir, takut, sedih, ataupun emosi.

Dikutip dari kampuspsikologi.com, dilihat dari segi keilmuan, self healing lebih mengarah pada proses pemulihan atau penyembuhan yang biasanya diakibatkan oleh gangguan psikologis, trauma, dan sebagainya yang mana proses pemulihan ini dimotivasi dan didorong oleh klien atau pasien dan biasanya diatur oleh insting individu tersebut (Vignesh dkk., 2019).

Healing yang Sebenarnya

Proses healing atau self healing yang berperan utama pada diri sendiri seringkali menghasilkan hasil yang beragam dan berbeda-beda karena sifatnya yang amatir. Memotivasi diri sendiri merupakan aset utama yang harus dimiliki oleh pasien tersebut.

Sebenarnya, ada beberapa teknik terbaik dalam proses healing, yaitu breathing exercise (mengatur dan melatih pernafasan), menulis, meditasi, self-talk dan positive thinking.

Adapun manfaat dari healing itu sendiri adalah membantu memperbaiki mood atau suasana hati, well being, memberikan efek positif bagi psikologis individu seperti mengurangi kecemasan dan kepanikan, bahkan membantu dalam mengatasi depresi.

Tidak hanya itu, healing juga terbukti bermanfaat terhadap kondisi fisik individu, seperti mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas tidur, dan bisa menguatkan sistem imun yang sangat dibutuhkan dalam situasi pandemi seperti ini.

Seperti itulah arti dan makna dari kata “healing” yang sebenarnya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya