Apa Artinya Insecure ?

0

Perasaan insecure pada diri sendiri tidak muncul dengan sendirinya. Ada penyebab yang menjadi latar belakang munculnya perasaan tersebut

Ketika seseorang mengalami rasa tidak aman, merasa takut, malu, kurang atau tidak mampu melakukan sesuatu, semua itu merupakan sesuatu yang manusiawi.

Rasa tidak aman tersebut apabila dikaitkan dengan dunia kesehatan dikenal dengan istilah insecure. Kata insecure jadi sering diucapkan oleh orang yang sedang merasakan kecemasan terhadap suatu hal.

Tidak hanya itu, insecure juga kerap diucapkan ketika seseorang tidak nyaman dengan dirinya sendiri atau suatu situasi. Tidak peduli anak muda atau orang dewasa, setiap orang pernah mengalaminya.

Namun, selama perasaan insecure tersebut dalam kadar normal atau tidak berlebihan, maka tidak perlu dikhawatirkan.

Sayangnya, jika perasaan insecure hingga berlarut-larut dan mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan hingga mengganggu kondisi kesehatan, maka hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

Ada baiknya untuk meminta bantuan psikolog yang bisa memberi kepastian, apakah orang tersebut berada dalam kesehatan mental yang baik atau sedang terganggu. Lantas, apa arti dari kata insecure itu sendiri. Berikut penjelasannya.

Arti Kata Insecure

Insecure = rasa tidak aman (kata serapan Bahasa Inggris)

Di dalam ilmu psikologi, insecure adalah emosi yang terjadi jika seseorang menilai dirinya inferior dibandingkan orang lain.

Situasi

Perasaan insecure pada diri sendiri tidak muncul dengan sendirinya. Ada penyebab yang menjadi latar belakang munculnya perasaan tersebut.

Perasaan insecure muncul karena beberapa faktor, yaitu karena sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terlalu sering mengakses media sosial, overthinking, sering melihat ke masa lalu, dan terlalu fokus dengan kekurangan yang ada pada diri sendiri.

Selain itu, faktor lainnya yang menyebabkan insecure adalah warna kulit, berat badan, dan kekurangan fisik lainnya.

Umumnya, semakin seseorang merasa tidak percaya diri, maka akan semakin besar rasa insecure yang ada di dalam pikiran orang tersebut.

Alhasil, orang tersebut akan takut bersosialisasi dengan orang lain. Inilah yang akhirnya membuat seseorang merasa canggung, malu, takut, dan merasa rendah dibandingkan orang lain di sekitarnya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya