Apa Artinya Konspirasi?

Apakah Anda termasuk orang yang percaya dengan cerita pendaratan palsu Neil Amstrong di bulan, kelompok 9 Naga yang ingin menjajah Indonesia, dan bumi datar? Jika iya, berarti anda adalah orang yang tertipu oleh teori konspirasi. Lho, kok bisa begitu? Memang konspirasi itu apa? Nah, daripada bertanya-tanya, mending disimak langsung uraian berikut.

Arti Konspirasi

Konspirasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah komplotan, atau persekongkolan.

Tuhan menyuruh manusia untuk saling tolong menolong dalam kebaikan. Akan tetapi ada saja orang-orang yang justru tolong menolong, berkomplot, atau bersekongkol dalam hal kejahatan.

Konspirasi Menurut Para Ahli:

Konspirasi adalah suatu rencana yang sifatnya rahasia yang dilakukan oleh sekelompok orang tertentu dengan tujuan ilegal atau merugikan pihak-pihak tertentu. (Oxford Dictionary: 1995).

Konspirasi adalah suatu tindakan atau perencanaan yang dilakukan oleh kelompok rahasia yang bersekongkol untuk berbuat melanggar hukum atau beritikad buruk. (Yenni Salim: 2002).

Konspirasi adalah suatu tindakan yang rahasia yang sangat terencana untuk melakukan suatu tindakan yang ilegal atau salah. (Robbert O. Zelency : 1987).

Jadi kesimpulannya adalah bahwa konspirasi adalah sebuah persekongkolan sekelompok orang dalam merencanakan sebuah kejahatan yang dilakukan dengan rapi dan sangat dirahasiakan. Pelaku konspirasi disebut dengan konspirator.

Dalam konspirasi terdapat empat jenis konspirasi, antara lain:

1. Conspiracy (civil) yaitu sebuah perjanjian yang dilakukan orang untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak-hak hokum mereka atau untuk mendapatkan keuntungan sepihak.

2. Conspiracy (criminal) yaitu perjanjian antara orang-orang untuk melanggar hokum di masa depan.

3. Conspiracy (political) yaitu kesepakatan antara orang-orang dengan tujuan mendapatkan kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.

4. Hub-and-spoke conspiracy yaitu sebuah konspirasi di mana terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan perjanjian serupa dengan orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang-orang yang ia ajak dalam perjanjian.

Contoh Konspirasi

Beberapa teori konspirasi berhasil menghebohkan masyarakat dunia dengan benar terjadi namun beberapa teori konspirasi adalah omong kosong dan dianggap angin lalu. Contoh dari teori konspirasi yang benar terjadi hingga popular sepanjang masa, antara lain:

Pembunuhan John F. Kennedy yang meninggal akibat tembakan keempat yang berasal dari semak belukar.

Pendaratan manusia di bulan yang sebagian tidak percaya dan itu semua hanya rekayasa NASA

Bumi itu datar yang muncul awal abad 19 dan popular kembali pada tahun 2004.

Serangan teroris 9/11 di Amerika Serikat yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi