Apa Artinya Lucid Dream ?

0

Pernahkah kamu mengalami mimpi dimana kamu sadar bahwa itu hanyalah mimpi? Nah, itu adalah lucid dream, keadaan saat kamu tahu bahwa kamu sedang bermimpi dalam tidur. Kamu bahkan sadar bahwa peristiwa yang melintas di hadapanmu itu tidak benar-benar terjadi. Tapi mimpi itu terasa hidup dan nyata. Kamu juga mungkin dapat mengontrol bagaimana jalannya mimpi berlangsung, seolah-olah kamu sedang mengarahkan film dalam tidurmu. Menurut WebMD, studi menunjukkan bahwa sekitar setengah dari populasi mungkin mengalami lucid dream setidaknya sekali. Karena lucid dream memang tidak sering terjadi, biasanya hanya beberapa kali dalam setahun.

Lucid dream paling sering terjadi dalam tidur dengan rapid eye movement (REM), periode tidur yang sangat dalam yang ditandai dengan gerakan mata dan pernapasan yang lebih cepat, dan lebih banyak aktivitas di otak. Kamu biasanya memasuki tidur REM sekitar 90 menit setelah tertidur. Ini berlangsung sekitar 10 menit. Jadi, saat kamu tidur, setiap periode REM berlangsung lebih lama dari yang sebelumnya, akhirnya dapat berlangsung hingga satu jam.

Ahli saraf tidak tahu persis bagaimana dan mengapa lucid dream terjadi. Tapi mereka punya beberapa perkiraan. Satu hal saja, penelitian telah menemukan perbedaan fisik pada otak orang yang memiliki dan tidak memiliki lucid dream. Bagian paling depan dari otak, yang disebut prefrontal cortex, bagian yang melakukan tugas penting seperti membuat keputusan dan mengingat, lebih besar pada orang yang memiliki lucid dream.

ads by posciety

Itu menunjukkan bahwa orang-orang yang paling mungkin mengalami lucid dream cenderung adalah tipe yang introspektif terhadap diri mereka dan memiliki banyak pikiran di kepala mereka. Satu penelitian kecil di Jerman melacak aktivitas listrik dalam otak pada sukarelawan saat mereka tidur. Berdasarkan pengukuran ini, para peneliti mengatakan, lucid dream mungkin semacam “antara keadaan” di mana kamu tidak sepenuhnya terjaga tetapi juga tidak tertidur. Beberapa ilmuwan dalam bidang ini percaya bahwa lucid dream juga dapat terjadi di luar tidur REM, yang menurut banyak orang intinya adalah saat kamu sedang bermimpi.

Manfaat Lucid Dream

Lucid Dream dapat membantu kehidupanmu dengan manfaat seperti berikut:

  • Mengurangi kecemasan. Rasa kontrol yang kamu rasakan selama lucid dream mungkin tetap ada dan membuatmu merasa dapat mengendalikan situasi. Karena saat kamu sadar bahwa kamu sedang bermimpi, kamu bisa membentuk jalannya cerita dan akhir ceritanya. Itu mungkin dapat berfungsi sebagai terapi bagi orang-orang yang mengalami mimpi buruk, mengajari mereka cara mengendalikan mimpi mereka sendiri.
  • Keterampilan motorik yang lebih baik. Studi terbatas menunjukkan bahwa ada kemungkinan dapat meningkatkan hal-hal sederhana seperti mengetuk jarimu lebih cepat dengan “berlatih” selama lucid dream. Bagian yang sama dari otakmu menjadi aktif, apakah kamu membayangkan gerakan saat terjaga atau melakukannya selama lucid dream.
  • Peningkatan kemampuan problem solving (memecahkan masalah). Para peneliti menemukan beberapa bukti bahwa lucid dream dapat membantu orang memecahkan masalah yang berhubungan dengan kreativitas (seperti menyelesaikan konflik dengan orang lain) daripada dengan logika (seperti masalah matematika).
  • Lebih meningkatkan kreativitas. Beberapa orang yang telah mengikuti penelitian tentang lucid dream terbukti dapat memunculkan ide atau wawasan baru, terkadang dengan bantuan karakter dalam mimpi mereka.

Dari sekian banyak manfaat lucid dream, seperti kebanyakan hal lain, ada juga sisi negatif atau berbahaya dari hal ini. Bahaya lucid dream yang dapat menyebabkan masalah diantaranya:

  • Kualitas tidur yang kurang. Mimpi yang jelas dapat membangunkanmu dan membuatmu sulit untuk kembali tidur. Dan mungkin kamu tidak bisa tidur nyenyak jika terlalu fokus pada lucid dream.
  • Kebingungan, delirium, dan halusinasi. Pada orang yang memiliki gangguan kesehatan mental tertentu, lucid dream dapat mengaburkan batas antara apa yang nyata dan apa yang dibayangkan (hanya mimpi).

Namun, jika kamu tetap tertarik dengan lucid dream, kamu bisa kok, mencobanya dengan cara-cara yang telah dilakukan oleh berbagai studi. Studi kecil telah menemukan bahwa kamu mungkin dapat meningkatkan peluang untuk mengalami lucid dream, salah satu caranya adalah dengan memusatkan pikiranmu untuk melihat detail yang tidak biasa dalam mimpimu untuk mengingatkan diri sendiri bahwa itu tidak nyata. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui apakah metode apa pun benar-benar dapat memicu terjadinya lucid dream. Beberapa hal yang telah dicoba penelitian antara lain:

  • Reality testing atau pengujian realitas. Ini adalah saat kamu berhenti pada waktu yang berbeda dalam sehari untuk menyadari apakah kamu sedang bermimpi. Kamu dapat mencoba melakukan sesuatu yang tidak mungkin, seperti mendorong jarimu dari tangan atau menarik napas melalui hidung yang tertutup. Atau kamu bisa melakukan sesuatu yang biasanya sulit dilakukan dalam mimpi, seperti membaca buku dengan konsentrasi.
  • Buku harian mimpi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang memiliki lebih banyak lucid dream ketika mereka menyimpan catatan mimpi mereka, karena itu akan mereka lebih fokus pada mimpinya. Namun, penelitian lain menemukan bahwa jurnal-jurnal ini tidak membantu mereka kecuali bila dikombinasikan dengan metode lain.
  • Bangun-tidur lagi. Misalnya, kamu terbangun setelah 5 jam tidur, tetap terjaga sebentar, dan kemudian kembali tidur untuk mencoba memasuki periode tidur REM.
  • Induksi mnemonik dari lucid dream (MILD). Saat kamu bangun setelah tidur selama 5 jam, coba katakan pada diri sendiri beberapa kali bahwa lain kali saat kamu bermimpi, kamu akan mengingat bahwa kamu sedang bermimpi. Ini menggunakan memori prospektif yaitu, tindakan mengingat diri untuk melakukan sesuatu dikemudian hari, untuk memicu lucid dream.
  • Obat-obatan. Studi juga berfokus pada efek beberapa obat, seperti suplemen dan tanaman obat, pada tidur dan mimpi. Tetapi tidak jelas seberapa aman obat-obatan itu atau seberapa baik dapat bekerja untuk memicu lucid dream.

Nah, sampai di sini, apakah kamu sudah memahami tentang apa itu lucid dream? Ya, mimpi yang jernih dimana kamu sadar bahwa saat itu kamu sedang bermimpi, ternyata memiliki beberapa manfaat dan ada juga bahayanya. Namun, bagi kamu yang masih penasaran bagaimana rasanya mengalami lucid dream, silahkan mencoba berbagai cara diatas untuk dapat mengalaminya. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya