Apa Artinya Mudeng?

Kebanyakan orang mengetahui bahwa kata Mudeng ini berasal dari Bahasa Jawa. Tapi siapa sangka, kata Mudeng juga terdapat dalam Bahasa Manado loh! Dan yang pasti Mudeng versi Jawa dengan Mudeng versi Manado memiliki arti yang berbeda jauh.

Selain artinya yang berbeda, cara penggunaan kata Mudeng juga berbeda di kedua daerah tersebut. Kalau dalam Bahasa Jawa, Mudeng itu digunakan untuk menunjukkan kata sifat. Sedangkan dalam Bahasa Manado, Mudeng itu digunakan untuk nama anak atau bayi laki-laki.

Arti Kata Mudeng

Mudeng = mengerti, paham, nyambung (Bahasa Jawa)

Mudeng = berdengung jauh (Bahasa Manado)

Situasi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penggunaan kata Mudeng di daerah Jawa dan daerah Manado itu berbeda. Tapi, sebagian besar orang menggunakan kata Mudeng untuk menunjukkan kata sifat. Berikut contoh kalimat menggunakan kata Mudeng dalam Bahasa Jawa.

“Tiap ngerjain PR, kamu ora mudeng. Makanya dengerin kalau guru lagi ngejelasin, bukannya maen game“.

Kalau dalam Bahasa Manado, Mudeng itu nama yang biasanya digunakan untuk menamai bayi laki-laki. Kepribadian orang yang bernamakan Mudeng itu sendiri yaitu orang yang berani, cerdas, dan pekerja keras, dan juga seorang teman yang setia.

Selain itu, Ia memberikan banyak nasihat yang baik dan menjadi pasangan yang sangat dapat diandalkan. Sekadar info, Jika tidak ada kesesuaian antara nama dan perilaku dalam kepribadian di atas, tentu hal ini adalah hal yang wajar.

Menurut studi ahli kepribadian, kemungkinan sifat dan kepribadian di atas bisa jadi benar atau salah. Nama “Mudeng” memang tidak mencerminkan kualitas pribadinya, namun memiliki nama yang bagus akan membantu seseorang menjadi lebih percaya diri, dan menjadi lebih bersemangat untuk menjadi pribadi yang positif, serta selalu berusaha agar hidupnya dapat bermanfaat untuk banyak orang.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi