Apa Artinya Nevertheless ?

0

Apakah kamu pernah mendengar kata “nevertheless”? Mungkin sebagian dari kita masih jarang mendengar atau menggunakan kata ini, namun ini termasuk kata yang umum untuk menunjukkan kedua fakta yang berlawanan dan terjadi bersamaan. Maksudnya bagaimana? Baca lebih lanjut.

“Nevertheless” semakin populer setelah menjadi judul sebuah seri televisi Korea Selatan yang mulai tayang pada pertengahan Juni lalu, menampilkan Song Kang dan Han So-hee. Diadaptasi dari webtoon populer dengan judul yang sama, yang pertama kali diterbitkan di Naver Webtoon pada Oktober 2018. Sebelumnya, webtoon “Nevertheless” sendiri telah populer dan memiliki jutaan penggemar.

Kamu penasaran dengan ceritanya? Namun, sebelum itu, kita akan membahas tentang arti kata “nevertheless” terlebih dulu. Untuk kata “Nevertheless” sendiri memiliki suku kata: /nev·er·the·less/ yang memiliki 12 arti di dalam Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia berikut ini:

ads by posciety

  • Namun
  • Biarpun
  • Kendatipun demikian
  • Juga
  • Jua
  • Walaupun demikian
  • Meskipun demikian
  • Sekalipun begitu
  • Meskipun begitu
  • Kendatipun begitu
  • Walaupun begitu
  • Sekalipun demikian

Contoh Kalimat 1:

  • I knew a lot about the subject already, but her talk was interesting nevertheless” yang artinya “Saya sudah tahu banyak tentang subjek itu, tapi meskipun begitu pembicaraannya menarik.”
  • Much-maligned for their derivative style, the band are nevertheless enduringly popular” yang artinya “Banyak difitnah karena gaya tiruan mereka, bagaimanapun band ini tetap populer.”
  • Nevertheless, accidents still occur” yang artinya “Meski demikian, kecelakaan tetap saja terjadi.”

Nah, setelah kita melihat contoh apa arti dari kata “nevertheless” ke dalam beberapa kalimat di atas, maka jika kata ini dapat diartikan ke dalam kalimat utuh, kira-kira seperti ini: mengatakan fakta meskipun berlawanan dengan apa yang baru saja dikatakan.

Sampai di sini, apakah kamu memiliki referensi lain dari kata “nevertheless”? Baca sampai akhir ya, lalu tulis pendapatmu di kolom komentar.

Kesimpulan

Menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, arti kata “nevertheless” adalah namun. Dan arti lainnya dari kata “nevertheless” adalah biarpun.

“Nevertheless” masuk ke dalam bahasa inggris yaitu bahasa Jermanik yang pertama kali dituturkan di Inggris pada Awal Abad Pertengahan dan saat ini merupakan bahasa yang paling umum digunakan di seluruh dunia.

Selain kata “nevertheless” yang dapat berarti namun atau biarpun, ada kata lain dalam bahasa Inggris yang juga memiliki arti sama yaitu, “nonetheless”.

Contoh Kalimat 2:

  • There are serious problems in our country. Nonetheless, we feel this is a good time to return” yang artinya “Ada masalah serius di negara kita. Meskipun demikian, kita merasa ini adalah waktu yang tepat untuk kembali.”

Meski dari drama tersebut, yang mana judul asli bahasa Korea-nya adalah “Algoitjiman” atau “I Know But”. Sedikit sinopsis tentang drama Korea yang mengangkat judul Nevertheless ini, di mana Park Jae Uhn (diperankan oleh Song Kang) yang mengungkapkan bahwa berkencan hanya membuang-buang waktu, tetapi berlawanan dengan sifatnya yang suka menggoda. Terlepas dari kenyataan bahwa dia bersikap ramah dan ceria terhadap semua orang, dia sebenarnya lelah menghadapi karakter manusia yang berbeda dan telah bersumpah untuk tidak pacaran.

Namun, dia paham bagaimana menggunakan “push-and-pull” yang tidak terbawa perasaan. Dengan itu dia menarik garis pembatas antara dirinya dan manusia yang berbeda dan tidak menunjukkan bagaimana perasaan yang sebenarnya, namun ketika dia bertemu Yoo Na Bi (diperankan oleh Han So Hee), dia justru mendapati dirinya ingin mengikuti jejak perasaaan itu.

Yoo Na Bi, gadis yang ternyata juga tidak setuju dengan cinta, tetapi ingin berkencan. Setelah mengalami kekecewaan yang teramat dalam dengan cinta lamanya, dia tidak percaya pada takdir cinta dan telah mengambil keputusan untuk tidak terhanyut ke dalam cinta lagi. Sementara itu dia bertemu dengan Park Jae Uhn, yang bagaimanapun, lelaki itu memiliki efek misterius padanya yang mengguncang dedikasinya untuk tetap menyendiri.

Bagaimana? Kita telah membahas arti kata “nevertheless” di awal, melihat contoh beberapa kalimat yang menggunakannya, hingga drama yang ceritanya menggambarkan lebih realistis apa arti dari kata itu. Dapatkah kamu menarik kesimpulan versi-mu tentang apa artinya nevertheless? Silahkan tulis di komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya