Apa Artinya ODGJ ?

0

Banyak masyarakat Indonesia yang masih minim pengetahuannya mengenai ODGJ. Istilah ODGJ ini mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang-orang awam.

Contoh kasus orang yang termasuk ke dalam kategori ODGJ, yaitu seperti kasus pembunuhan yang pernah kita dengar bahwa motif di balik pelaku melakukan pembunuhan adalah karena adanya bisikkan gaib. Padahal hal tersebut bisa jadi karena pelaku memiliki masalah kejiwaan. Ia mengalami halusinasi atau delusi.

Orang-orang yang menyandang status “ODGJ” ini dianggap memiliki stigma yang buruk di masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Orang yang disebut ODGJ ini terkadang dianggap meresahkan masyarakat, apalagi kalau orang ODGJ tersebut marah, bisa-bisa merusak barang orang atau bahkan bisa membahayakan nyawa orang lain.

ads by posciety

Lantas, apa yang dimaksud dengan ODGJ? Berikut ini penjelasannya.

Arti dari ODGJ

ODGJ merupakan singkatan dari Orang Dengan Gangguan Jiwa. ODGJ adalah orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang termanifestasi dalam bentuk sekumpulan gejala dan atau perubahan perilaku yang bermakna, serta dapat menimbulkan penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi sebagai manusia.

Penjelasan

Gejala yang dialami oleh ODGJ juga bisa membuat mereka sulit berinteraksi dengan orang lain. Meski demikian, ada pula ODGJ yang dapat hidup normal dengan pengobatan atau terapi yang rutin. Sayangnya, masih banyak ODGJ yang belum mendapatkan penanganan, sehingga penyakit yang dideritanya semakin parah.

Beberapa faktor penyebab yang diketahui dapat meningkatkan resiko seseorang untuk mengalami gangguan kesehatan mental ini di antaranya faktor genetik atau bawaan lahir, riwayat keluarga yang memiliki gangguan jiwa, stres berat, pernah mengalami kejadian traumatis ( korban pelecehan atau kekerasan), penggunaan obat-obat terlarang dan minum alkohol berlebihan, serta kondisi medis tertentu seperti cedera otak, stroke, dan gangguan tiroid.

Kurangnya informasi dan pemahaman mengenai penyakit jiwa membuat banyak orang sering kali memperlakukan ODGJ dengan kurang baik. Tak sedikit juga ODGJ di Indonesia yang masih dipasung atau dikurung karena dianggap dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

Padahal kenyataannya, tidaklah demikian. Dengan menjalani pengobatan yang tepat, ODGJ pun bisa memiliki kualitas hidup yang baik.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya