Apa Artinya Pakinta / Pakintaki ?

0

Pakinta atau pakintaki merupakan kata-kata yang menjadi tren di TikTok. Kata-kata tersebut diucapkan oleh Aldi, pemuda asal Kabupaten Jeneponto. Ketika video Aldi viral di TikTok, banyak netizen asal Makassar yang juga ikut mengucapkan kata pakintaki dengan ekspresi lucu.

Berdasarkan penelusuran, ternyata itu adalah bahasa Makassar. Kata Pakintaki juga sering digunakan untuk memberikan ucapan semangat pada klub sepakbola PSM Makassar. Pakintaki rong! Istilah tersebut juga dipakai oleh para suporter PSM Makassar usai melawan Bali United dengan skor imbang 2-2 pada Senin, 7 Februari 2022 lalu.

Kata pakintaki juga rupanya sering digunakan oleh masyarakat daerah Gowa, Takalar meupun Janeponto. Kata pakintaki mengandung beberapa arti. Kira-kira, apa arti dari pakintaki tersebut?

ads by posciety

Arti Kata Pakinta / Pakintaki

Pakintaki berasal dari kata ‘kintak atau ‘takkintak’. Kedua kata ini memiliki arti atau makna ‘naik secara cepat atau terangkat secara tiba-tiba’.

Apabila ditambah imbuhan ‘Pa’ di depan dan ‘Ki’ di belakang maka akan menjadi kata perintah yang berarti ‘sentakan ke atas’.

Namun, menurut Aldi di dalam podcast salah satu youtuber, dia menjelaskan bahwa arti Pakintaki yang sering dia ucapkan adalah angkat telepon yang datang tiba-tiba. Aldi sendiri dikenal oleh para supir karena suka membantu supir truk yang memiliki masalah dengan mobilnya. Oleh karena itu, dia sering ditelepon.

Jadi, pakintaki itu gayanya kalau ditelepon, sambil menyebutkan kata ‘Pakintaki rong’ yang artinya ada panggilan tiba-tiba/mendadak.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya