COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) adalah suatu penyakit menular pada manusia, yang disebabkan oleh Coronaviridae, salah satu jenis Corona Virus.

Penyakit ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Cina pada tahun 2019. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernafas. Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan.

Saking mewabahnya virus ini hampir ke seluruh negara di dunia, WHO menyebut virus ini sebagai pandemi. Apa itu pandemi?

Arti Kata Pandemi

Pandemi berasal dari Bahasa Yunani, yaitu PanĀ yang artinya semua, dan demosĀ yang artinya orang. Pandemi adalah epidemi penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, misalnya beberapa benua, atau di seluruh dunia.

Pandemi adalah epidemi yang terjadi pada skala yang melintasi batas internasional, biasanya sifatnya menular sehingga memengaruhi sejumlah besar orang.

Situasi

Pandemi yang terjadi saat ini adalah HIV/ AIDS dan pandemi corona virus 2019-2020 (COVID-19). Pandemi terkenal lainnya yaitu pandemi influenza 1918 (flu spanyol) dan pandemi flu 2009 atau H1N1.

[zombify_post]

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments