Apa Artinya RALAT ?

0

Sebelum maraknya tesaurus, orang-orang jarang memakai kata ralat. Kata ralat terdengar sangat baku sehingga jarang sekali orang memasukkan kata tersebut dalam sebuah percakapan. Kebanyakan orang menggunakan kata-kata yang sudah umum dilafalkan oleh banyak orang, seperti keliru, perbaikan, dan lain-lain. Kata ralat biasanya sering kita temukan di beberapa artikel yang terdapat di majalah ataupun koran. Namun kini, berhubung banyak orang menggunakan kamus tesaurus, penggunaan kata ralat sudah banyak digunakan di dunia nyata maupun di dunia maya seperti di sosial media Instagram, Facebook, Twitter, atau berbasis chat seperti Line, WhatsApp, dan lain-lain.

Lalu, apa arti dari kata ralat itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Arti Kata RALAT

ads by posciety

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ralat adalah:

  1. pembetulan atau perbaikan atas salah cetak (pada surat kabar, majalah, buku, dan sebagainya;
  2. kesalahan, kekeliruan (cetak, ucap, dan sebagainya).

Penggunaan Kata RALAT

Kalian bisa melihat penggunaan kata ralat di dalam Majalah Tempo. Di dalam majalah tersebut terdapat sebuah kolom yang berjudul “Ralat”. Kolom tersebut menunjukkan adanya kesalahan pada kalimat beserta perbaikan katanya di beberapa artikel yang sudah dipublish sebelumnya.

Jadi, penggunaan kata ralat dikhususkan untuk menunjukkan suatu kalimat yang memang perlu dikoreksi. Setelah kalian tahu arti dari kata ralat itu sendiri, daftar kosa kata kalian akan bertambah dan itu akan memudahkan kalian dalam berkomunikasi maupun dalam menulis.

Seperti itulah penjelasan mengenai arti kata ralat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya