Apa Artinya Roleplayer ?

0

Roleplayer atau yang sudah kita kenal sebagai RP adalah sebuah kegiatan dimana memainkan peran dengan menggunakan wajah atau faceclaim tokoh lain yang masih hidup. Umumnya roleplayer bermain peran dengan wajah seorang idol atau seseorang yang memiliki ketenaran ataupun public figure.

Biasanya, bermain RP (Roleplayer) bertujuan untuk mempromosikan artis yang disukainya, agar orang-orang yang berinteraksi dengan salah satu pemain RP tersebut dapat mengetahui tentang artis yang diperankan oleh orang dari RP. Mengapa bisa dikenal? Karena pada umumnya, mereka yang bermain RP dapat dijumpai di media sosial dengan disclaimer bahwa mereka Roleplayer bukan artis aslinya.

Bermain peran ini juga dituntut agar mirip dengan artisnya, dari karakter, gaya bicara, dan bahkan kebiasaan. Namun tidak 90%. Mereka melakukan itu tidak sampai merubah kepribadian mereka, mereka merubah karakter, gaya bicara, dan kebiasaan hanya pada saat berjumpa atau berinteraksi dengan orang lain. Mengapa itulah, bermain RP sangat dilarang membagikan kehidupan atau identitas pribadi dari orang yang bermain RP dibalik wajah sang artis.

Jenis-Jenis Roleplayer

Dalam dunia roleplayer, terdapat jenis-jenis roleplayer yang ditemui. Yaitu:

  1. OOC (Out Of Character): jenis RP ini biasanya melenceng dari kepribadian si artis yang diperankan wajahnya. Mereka terkadang tidak sesuai apa yang ditulis di keterangan mereka, misalnya saja mereka menuliskan Solely Roleplaying (Semata-mata untuk roleplay) namun kenyataannya mereka berinteraksi dan bersosialisasi dengan cara pribadi mereka daripada sesuai dengan artis yang diperankan.
  2. OC (Original Character): jenis RP ini biasanya mereka yang memiliki hobi menulis karakter fiksi. Karena tipe OCRP adalah hanya ‘meminjam’ wajah si artis, lalu mereka membuat atau membangun karakter sendiri yang sangat berbeda dengan karakter si artis. Mereka bebas memodifikasi latar belakang cerita, fisik (kecuali wajah), kelahiran, dan bahkan kepribadian, sesuai dengan imajinasi mereka namun wajahnya tetap si artis yang sudah direncanakan.
  3. IC (In Character): jenis RP ini biasanya mereka yang memiliki kemiripan dengan artis aslinya dari cara berkomunikasi, bersosialisasi, meng-update informasi terbaru si artis, bahkan kepribadiannya. Jenis RP ini biasanya paling banyak dikagumi oleh orang-orang yang berinteraksi dengannya.\
  4. AURP (Another Universe Roleplayer): AURP diketahui setengah IC (General!RP) dan OCRP. Mereka menggunakan satu faceclaim namun dalam satu wajah tersebut terdapat dua cerita yang diberikan oleh si pemeran atau penulis. Misalnya saja, ada seorang RP berwajah Jungkook BTS, secara umum dia memerankan Jungkook BTS dengan informasi aktual yang sesuai fakta Jungkook asli. Namun, di sisi lain atau in another universe penulis juga membangun sebuah cerita bahwa Jungkook adalah seorang Raja Athena. Jadi, AURP itu gabungan dari ICRP (General RP) dan OCRP.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis RP yang dimainkan, namun saat ini umumnya empat jenis di atas. Untuk bermain RP juga bisa memiliki opsi dalam berbahasa, bisa secara bilingual yang berarti berbicara dengan dua bahasa. Entah itu bahasa yang digunakan idol asli dalam sehari-hari dan campuran bahasa yang kita gunakan. Atau bahasa ibu dari si Idol dengan bahasa lain yang kita kuasai selain dari bahasa si penulis gunakan biasanya.

Dalam dunia RP, juga terdapat istilah yang disebut couple, fams, bestie, squad, agency.

Couple berarti pasangan. Namun dalam hal ini, pasangan hanya sebatas RP atau virtual saja, dan yang pasti harus sesama pemain RP. Sama halnya dengan fams dan bestie. Fams adalah seperti keluarga virtual dan bestie diperuntukan mereka yang menjadi sahabat di dunia RP. Untuk squad & agency adalah perkumpulan dari para pemain RP yang biasanya juga mengadakan event secara virtual.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya