Apa Artinya Saktah?

0

Saktah merupakan kata dari bahasa Arab yang artinya dijadikan istilah dan digunakan sebagai salah satu cara dalam membaca kitab suci Al-Quran, jika kamu pernah mempelajari bagaimana cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar maka Saktah bukan kata asing lagi bagimu. Sebagai pembaca Al-Quran, kamu harus mengetahui hukum-hukum bacaan Al-Quran dan cara membaca Al-Quran yang baik dan benar salah satunya Saktah ini.

Arti Saktah

Saktah = Diam/Mencegah

Kondisi

Secara bahasa, Saktah artinya diam atau mencegah. Namun dalam tata cara membaca Al-Quran, Saktah ini diartikan “memutuskan kata (berhenti sejenak & menahan nafas) kemudian melanjutkan bacaan”. Ketika diam menahan nafas, pastikan kamu tidak mengambil nafas kira-kira sepanjang 2 harokat lalu melanjutkan lagi bacaannya.

Buat kamu yang belum tau contoh bacaan yang mengandung saktah di dalam Al-Quran, silahkan buka surat Yasin ayat 52 yang bunyinya:

قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا س هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ

Saktah terletak pada kata مَرْقَدِنَا maka kamu harus diam sejenak tanpa mengambil nafas dan melanjutkan kata berikutnya.

Saktah ditandai dengan huruf Sin (س) pada Al-Quran, jika kamu menemukan tanda baca Saktah ini artinya kamu harus mengikuti cara membaca seperti yang dijelaskan di atas.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya