Apa Artinya Syafakallah dan Syafakillah (شفاك الله) ?

Syafakallah dan Syafakillah (seharusnya bisa jadi Syafaakallah dan Syafaakillah) merupakan bahasa resmi Negara Saudia Arabia yang juga tertulis di dalam kitab suci umat Islam, Al Quran. Kata-kata ini sudah digunakan dari jaman dahulu kala oleh muslimin dan muslimat.

Arti Kata Syafakallah & Syafakillah

Syafakallah (شفاك الله) = Semoga Allah menyembuhkanmu (dari penyakit), ini ditujukan kepada laki-laki

Syafakillah (شفاك الله) = Semoga Allah menyembuhkanmu (dari penyakit), ini ditujukan kepada perempuan

Kondisi

Kata ini digunakan ketika kita mendapati seseorang lain sedang menderita penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat. Ucapkan SYAFAKALLAH jika orang tersebut adalah seorang pria, ucapkan SYAFAKILLAH jika orang tersebut adalah seorang perempuan. 2 kata ini memiliki arti yang sama namun cara pengucapan dan penulisan (tanda baca) berbeda, berdasarkan tata baca bahasa Arab.

Tata Bahasa Arab

Jika kamu pernah mempelajari bahasa Arab di pondok pesantren, tempat kursus, sekolah umum, atau tempat lainnya, mungkin sudah memahami tata baca bahasa Arab yang sangat mendasar yaitu: Orang Pertama, Orang Kedua, Orang Ketiga (tunggal dan jamak). Semua itu memiliki perbedaan sebutan untuk laki-laki dan perempuan. Contoh paling sederhana dan paling sering didengar banyak orang adalah:

  • ANTA (atau yang biasa diucap “ENTE” oleh orang Indonesia) artinya adalah “Anda” untuk laki-laki
  • ANTI artinya adalah “Anda” untuk perempuan

Tidak hanya itu, jika kamu pernah mempelajari dasar-dasar bahasa Arab tentu pernah mempelajari kata kepemilikan. ANTA dan ANTI memiliki kata kepemilikan yang hampir mirip namun tanda bacanya yang berbeda, Anta selalu diiringi / diakhiri dengan tanda FATAH sedangkan ANTI selalu diikuti / diakhiri dengan tanda JAR. Kata kepemilikan itu juga berlaku untuk tujuan, ketika menujukan sesuatu pada “Anda” laki-laki maka menggunakan FATAH, ketika menujukan sesuatu pada “Anda” perempuan maka menggunakan JAR.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi