Apa Artinya SYAJARATUN?

Entah apa yang membuat sejarawan dan orang-orang Indonesia menggunakan kata syajaratun sebagai kata serapan dalam mengistilahkan kata sejarah.

Lalu, apa yang dimaksud dengan syajaratun? Apa pengertian sejarah berasal dari kata syajaratun? Nah, untuk mengetahui jawabannya, yuk, kita simak penjelasan berikut.

Arti Kata Syajarotun

Syajaratun berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti Pohon.

Adapun sejarah, secara terminologis, diambil dari bahasa Arab, yaitu “syajaratun” yang berarti pohon. Istilah ini memberikan gambaran sebuah pertumbuhan peradaban manusia dengan filosofi ‘pohon’. Pohon tumbuh bermula dari biji yang kecil menjadi pohon yang lebat dan rindang serta berkesinambungan.

Singkat kata, syajaratun memberi gambaran tentang gerak perubahan sebuah kehidupan. Sedangkan hubungan antara filosofi pohon dengan pengertian sejarah karena sejarah merupakan ilmu yang mempelajari tentang gerak perubahan – perubahan manusia dan karakter-karakternya.

Mengapa sejarah disamakan dengan pohon? Itu karena pohon tumbuh secara perlahan-lahan yang bisa dimulai dari biji, kecambah, bibit, akar, batang hingga ranting-ranting dan berbuah. Proses itulah yang sama dengan sejarah, yang tumbuh seiring dengan berjalannya waktu.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa syajaratun adalah proses terjadinya suatu sejarah atau peristiwa dari titik nol hingga menjadi suatu yang lebih besar.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi