Apa Artinya Syukron ?

0

Dalam pandangan Islam, syukron termasuk ke dalam amalan mu’amalah dan bisa digunakan untuk mengucapkan syukur.

Indonesia, Terima kasih. Inggris, Thank you. Perancis, Je vous remercie. Turki, Tesekkur ederim. Arab, Syukron. Dapatkah kamu temukan perbedaan dari kata-kata tersebut? Perbedaannya terletak pada negaranya saja hehe. Kalau mengenai maknanya tidak jauh berbeda loh…

Kelima bahasa tersebut artinya terima kasih. Orang-orang Indonesia hingga Arab memiliki keunikan tersendiri dalam berkomunikasi. Namun karena Indonesia termasuk negara yang mayoritasnya muslim, kata syukron / syukran sudah familiar di telinga. Apalagi jika kamu berada di pesantren, kata syukron menjadi kata yang wajib digunakan sebagai ucapan terima kasih.

Arti Syukron Menurut Pandangan Islam

ads by posciety

Secara umum arti syukron ialah ucapan terima kasih. Dalam pandangan Islam, syukron termasuk ke dalam amalan mu’amalah atau hubungan antar manusia. Pengucapannya dimaksudkan sebagai tanda terima kasih seseorang yang telah berbuat sesuatu kebaikan. Karena ringan dan mudah diucapkan, ungkapan ini mulai dilirik oleh masyarakat umum dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah telah bersabda yang artinya.

“Dan barang siapa yang telah berbuat baik kepada kalian maka hendaklah membalasnya dengan (kebaikannya) yang setimpal. Dan jikalau kalian tidak mendapati sesuatu untuk membalas kebaikannya maka kalian berdoalah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikan darinya.” (HR.Ahmad)

Dari hadits tersebut, Rasul telah memberikan cara termudah dalam membalas kebaikan seseorang yaitu dengan mendoakan kebaikan yang telah diperbuatnya. Namun kebanyakan manusia saat ini lebih condong terhadap sesuatu yang berwujud dibandingkan dengan sesuatu yang tidak berwujud. Padahal doa adalah senjata terkuat yang dapat menembus langit.

Jenis-jenis dan Penggunaan Syukron

Syukron ialah menerima rasa syukur yang telah Allah berikan. Syukron merupakan perintah untuk kita agar lebih pandai bersyukur. Karena itu penggunaan syukron dalam kehidupan sehari-hari sangat berbeda. Berikut penggunaan syukron yang tepat:

Syukron ala du’aika

Artinya terima kasih atas doamu digunakan saat kamu mengucapkan terima kasih pada pria.

Syukron ala du’aiki

Artinya terima kasih atas doamu digunakan saat kamu mengucapkan terima kasih pada wanita.

Syukron laki

Artinya terima kasih atas doamu digunakan saat kamu mengucapkan terima kasih pada wanita.

Syukron jazilan

Artinya terima kasih banyak

Syukron laka

Artinya terima kasih atas doamu digunakan saat kamu mengucapkan terima kasih pada pria.

Syukron ala du’ai’ihi

Artinya terima kasih atas doanya digunakan saat kamu mengucapkan terima kasih pada orang ketiga pria.

Syukron ala du’aiha

Artinya terima kasih atas doanya digunakan saat kamu mengucapkan terima kasih pada orang ketiga wanita.

Syukron yaa habibati

Artinya terima kasih sayangku (untuk pria kepada wanita)

Syukron yaa habibi

Artinya terima kasih sayangku (untuk wanita kepada pria)


Mulai saat ini, marilah belajar untuk lebih menghargai orang lain dengan mengucapkan syukron atau terima kasih. Saat mendapatkan ucapan syukron dari seseorang, kamu bisa membalasnya dengan mengucapkan jazakallahu kahiran. Artinya semoga Allah membalas kebaikan untukmu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya