Apa Artinya Ya Hayyu Ya Qayyum ?

0

Ada banyak lafadz dzikir yang bisa dibaca oleh seorang Muslim, salah satunya Ya Hayyu Ya Qayyum. Ya Hayyu Ya Qayyum merupakan salah satu dzikir asmaul husna, yakni dzikir dengan menyebut nama baik Allah SWT.

Ada kedahsyatan dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum yang perlu diketahui oleh umat Muslim. Doa ini bisa dibaca saat mengalami kesulitan agar dimudahkan oleh Allah. Lalu, apa arti dari Ya Hayyu Ya Qayyum itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Arti Kata Ya Hayyu Ya Qayyum

ads by posciety

Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum terdiri dari dua nama baik Allah, yaitu Al-Hayyu dan Al-Qayyum.

Al-Hayyu artinya Yang Maha Hidup, kekal abadi, tidak berawal serta tidak pula berakhir. Sifat tersebut dimiliki Allah SWT yang berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya. Dia kekal abadi dan tidak pernah mati.

Sedangkan Al-Qayyum artinya Maha Berdiri Sendiri. Allah SWT adalah dzat yang tidak membutuhkan pertolongan orang lain, tapi orang lainlah yang membutuhkan pertolongan Allah.

Penggunaan Kata (Dzikir) Ya Hayyu Ya Qayyum

Bacaan dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum ini dibaca oleh Rasulullah ketika sedang dilanda ujian berat. Hal ini diriwayatkan Anas bin Malik, “Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika mendapat masalah berat, beliau membaca: “ya hayyu ya qayyum birahmatika as taghiits.”

Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum ini memiliki beberapa keutamaan di sisi Allah, di antaranya dapat menenteramkan hati, menambah keimanan, menumbuhkan rasa takut kepada Allah, dan menggerakkan hati untuk beramal baik, dicintai oleh setiap orang, disegani hingga dihormati oleh banyak orang. Kemudian dzikir ini juga bisa memberikan wibawa yang baik bagi orang yang mengamalkannya.

Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum juga terdapat dalam bacaan dzikir pagi petang dengan lafal: “Ya Hayyu Ya Qayyum birahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin.”

Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup , wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekali pun sekejap mata.”

Karena manfaatnya begitu besar, janganlah lupa untuk berdzikir Ya Hayyu Ya Qayyum ketika kita memanjatkan doa! Insya Allah doa cepat dikabulkan.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya