Apa Bedanya NCT Dream & NCT 127 ?

0

NCT, dalam hangul 엔시티, adalah boyband asal Korea Selatan yang dibentuk oleh SM Entertainment dan diumumkan pada tahun 2016. NCT sendiri merupakan singkatan dari Neo Culture Technology, karena para membernya berasal dari negara yang berbeda-beda. Grup yang memiliki 23 member ini terbagi menjadi beberapa sub unit.

Unit pertama dari grup ini adalah NCT U yang memulai debut pada April 2016 dengan singel digital “The 7th Sense” dan “Without You”. Lalu unit kedua yaitu, NCT 127, yang berbasis di Seoul memulai debut pada Juli 2016 dengan album mini “NCT #127”. Selanjutnya ada unit ketiga, NCT Dream, memulai debut pada Agustus 2016 dengan singel digital “Chewing Gum”. Dan unit keempat, WayV yang berbasis di Cina, memulai debut pada 17 Januari 2019 dengan album singel “The Vision”.

Disamping aktivitas yang terpisah dari masing-masing sub unit, grup induk NCT juga telah melakukan promosi bersama sebanyak dua kali, yang pertama pada tahun 2018 dengan album NCT 2018 “Empathy” dan yang kedua pada tahun 2020 dengan “NCT Resonance Pt. 1 dan Pt.2.”

ads by posciety

Dari keempat sub unit NCT, pada artikel kali ini kita akan lebih membahas apa bedanya NCT Dream dan NCT 127. Jadi, bagi kamu yang masih belum mengenal atau memahami perbedaan diantara kedua sub unit NCT ini, baca terus penjelasannya untuk mengetahui lebih banyak:

NCT Dream

Sub unit ini dibentuk berdasarkan usia membernya yang terbilang sangat muda yaitu, dibawah dua puluh tahun. Sehingga ketika mereka mencapai usia tersebut, maka mereka harus pindah ke unit lain. Para member awalnya terdiri dari Mark, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, dan Jisung.

NCT Dream memulai debut pada Agustus tahun 2016 lalu dengan single digital Chewing Gum. Sebagai leader dari unit ini, Mark juga berperan sebagai Main Rapper, Main Dancer, dan Sub Vocalist. Meski sebelumnya diumumkan bahwa Mark telah lulus dari NCT Dream pada tahun 2018, dikarenakan sistem batasan usia dalam grup NCT Dream, namun dia kembali lagi ke grup pada comeback “Hot Sauce” setelah SM Entertainment membatalkan konsep kelulusan ini.

“Untuk dapat menjadi bagian dari album full-length pertama kami, aku merasa seperti aku telah bersantai. Semuanya datang dengan waktu dan segalanya. Dari semua sudut, aku merasa seperti dunia membantu dalam hal ini, dan fans kami banyak membantu juga,” ungkap Mark dalam wawancaranya dengan Vogue Teen.

NCT 127

img: womantalk.com

Sub unit yang memulai debut pada Juni 2016 dengan video musik “Fire Truck” ini, beranggotakan tujuh member yaitu, Taeyong, Taeil, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark dan Haechan. Kemudian pada 27 Desember 2016, Doyoung dan Johnny bergabung ke NCT 127, diikuti Jungwoo yang bergabung pada 17 September 2018. Kini total anggota dari unit NCT 127 adalah 10 orang, dengan Winwin sebagai anggota tidak aktif (karena lebih aktif dalam unit NCT yang berbasis di Cina yaitu, Wayv).

Oh iya, angka 127 dari sub unit ini sendiri diambil dari titik kordinat kota Seoul, Korea, yang menjadi basis dari NCT 127 dan dari kota inilah Kpop berasal. Para member di unit NCT 127 juga terbilang yang paling aktif di NCT dengan Taeyong sebagai leader, yang mana pengaruhnya sangat besar dalam menjaga kesembilan personel lainnya.

“Aku tidak tahu saya akan menjadi leader, tetapi itu terjadi secara alami. Mereka mengatakan kepadaku bahwa ketika aku masih trainee, aku terlihat seperti memiliki antusiasme yang tinggi. Aku sangat bangga dengan tim kami, dan aku membayangkan itulah salah satu alasan mengapa mereka merasa aku cocok sebagai leader.” Ujar Taeyong seperti dikutip dari Soompi.

Untuk merangkum beberapa perbedaan NCT Dream dan NCT 127 sebagai berikut:
• NCT Dream dikhususkan untuk para member remaja dibawah usia dua puluh. Sementara NCT 127 dinamakan sesuai titik kordinat kota Seoul yang mana misi mereka adalah memulai dari Seoul untuk tampil di hadapan dunia.
• NCT Dream beranggotakan tujuh orang (Mark, Haechan, Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle, dan Jisung) dan NCT 127 beranggotakan sepuluh orang (Taeyong, Taeil, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark, Haechan, Doyoung, Johnny, dan Jungwoo).
• Leader dari NCT Dream adalah Mark, dan leader dari NCT 127 adalah Taeyong.

Mungkin ada pertanyaan, mengapa ada beberapa member yang tergabung dalam dua unit? Ya, memang ada beberapa member yang dipandang cocok dengan konsep NCT sehingga masuk dalam beberapa unit, atau bahkan aktif dalam semua unit seperti Mark. Itulah beberapa poin utama yang menjadi pembeda antara kedua sub unit NCT ini, semoga dapat menjelaskan kepada kamu apa bedanya NCT Dream dan NCT 127, ya.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya