Apa Bedanya SMA & SMK ?

0

Buat kamu yang akan lulus SMP, tetapi masih bingung untuk memilih mau masuk SMA atau SMK, kita akan membahasnya di sini. Secara umum, SMA dan SMK memang berbeda. Baik dari lamanya masa pendidikan yang ditempuh, maupun jurusan dan matapelajaran yang dipelajari. Tidak heran, jika kamu harus jeli untuk mengetahui perbedaannya sebelum menentukan pilihanmu.

Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat daftar berikut yang menguraikan apa bedanya SMA dan SMK:

Matapelajaran yang Dipelajari

ads by posciety

Untuk matapelajaran yang dipelajari di SMA akan sama seperti saat kamu SMP, mungkin akan ada beberapa matapelajaran tambahan. Bedanya, di SMA kamu akan masuk ke penjurusan yang tersedia dua pilihan yaitu, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan (IPS) Ilmu Pengetahuan Sosial. Di beberapa SMA, juga ada pilihan jurusan Bahasa.

Untuk jurusan IPA, matapelajaran yang dipelajari akan berfokus pada sains seperti, Fisika, Biologi dan Kimia. Sementara jurusan IPS akan berfokus ke metapelajaran sosial seperti, Sosiologi, Ekonomi dan Geografi. Sebagai info, untuk matapelajaran Matematika tentu juga akan berbeda antara jurusan IPA dan IPS. Dan untuk jurusan Bahasa, akan berfokus ke matapelajaran bahasa seperti, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, satu bahasa asing wajib dan satu sampai dua bahasa asing pilihan.

Selanjutnya, untuk SMK memiliki banyak jurusan antara lain, Jurusan Teknik Komputer–yang mempelajari perawatan komputer, instalasi jaringan, teknik perakitan komputer dan lain-lain–, Jurusan Tata Boga–yang mempelajari tentang peralatan memasak, teknik memasak, hingga bisnis kuliner–, jurusan Broadcasting dan Film–yang mempelajari produksi siaran program radio dan TV, dan produksi film dan program TV–, dan banyak lagi jurusan lainnya (setiap SMK memiliki jurusan yang berbeda).

Biaya Sekolah

Untuk biaya sekolah, secara umum biaya sekolah SMA relatif lebih rendah daripada biaya SMK. Hal ini dikarenakan di SMK, kamu akan melakukan banyak praktik di dalam dan di luar sekolah yang menyebabkan biaya bisa lebih tinggi daripada SMA.

Namun, biaya ini tergantung dari sekolah yang kamu pilih. Karena antara sekolah negeri atau swasta favorit, dan juga berbagai jurusan di SMK tentu memiliki biaya yang berbeda-beda. Demikian juga jika murid SMK ingin mengikuti bimbingan belajar sebagai persiapan untuk SBMPTN atau Seleksi Mandiri, maka biayanya akan lebih besar lagi. Tapi, sekali lagi, ini tergantung dari sekolah yang kamu pilih.

Lamanya Waktu Pendidikan

Sekarang, kita akan masuk ke pembahasan “berapa lama waktu pendidikan di SMA dan SMK?” Jawabannya, ada perbedaan soal berapa lama waktu pendidikan antara keduanya. Di SMA, yang mana terdiri dari kelas I, II, dan III–atau lebih kita kenal dengan kelas X, XI, XII–dapat ditempuh dalam tiga tahun.

Sementara untuk SMK, waktu pendidikan yang ditempuh bisa empat tahun, tergantung jurusannya. Memang ada jurusan yang dapat ditempuh selama tiga tahun, sama seperti SMA. Namun, beberapa jurusan memerlukan waktu yang lebih lama karena banyaknya praktik yang harus dilakukan. Sehingga pada tahun 2017, Kemendikbud telah meluncurkan program SMK 4 tahun demi meningkatkan kompetensi kelulusan. Ini dimaksudkan agar pada tahun ke-empat, para siswa SMK dapat belajar di dunia industri sebagaimana pekerja pada umumnya–atau dikenal dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Kelanjutan Pendidikan

Siswa SMA yang mempelajari matapelajaran yang bersifat umum, tentu akan punya bekal yang dibutuhkan untuk mengikuti ujian seleksi masuk PTN. Hal ini dikarenakan matapelajaran yang diajarkan di SMA memang bertujuan untuk membangun nalar dan kerangka berpikir siswa saat di perguruan tinggi.

Lalu, bagaimana dengan SMK? Tentu saja siswa SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Meski kurikulum SMK bertujuan untuk menempatkan siswanya dalam dunia kerja setelah lulus, namun mereka tetap bisa mengejar beberapa matapelajaran SMA yang tidak diajarkan di SMK untuk mempersiapkan seleksi masuk PTN. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, selama siswa tersebut mau untuk melakukan usaha ekstra dalam hal ini.

Nah, bagaimana? Apakah kamu sudah mendapatkan pencerahan dari penjelasan diatas dan mulai menentukan pilihanmu? Tidak harus terburu-buru, kamu juga bisa mempertimbangkan hal-hal pribadi lainnya. Yang jelas, meski ada perbedaan diantara SMA dan SMK, keduanya memiliki keunggulan masing-masing (siswa SMA lebih siap untuk melanjutkan kuliah, dan siswa SMK yang memiliki keterampilan bekerja). Semoga penjelasan apa bedanya SMA dan SMK diatas dapat membantumu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya