Apa Artinya AMP Pages ?


Temen-temen mungkin pernah membaca atau mendengar istilah “AMP” atau “AMP Pages” yang artinya halaman AMP, apa sih artinya ? apakah itu penting ? Pada postingan kali ini saya akan jelaskan lebih rinci tentang AMP Pages ini secara mendasar.

Pengertian AMP

AMP adalah singakatan dari Accelerated Mobile Pages (karena kepanjangan, jadi disingkat AMP) yang artinya halaman mobile yang dipercepat, siapa yang menciptakan sistem ini ? Siapa lagi kalo bukan sang juara Google dan dibantu si burung biru, Twitter (katanya sih ada beberapa perusahaan lagi yang ikut serta). Inti dari cara kerjanya ini adalah membuat HTML menjadi lebih ramping sehingga dapat loading lebih cepat.

Jika kalian melihat tanda petir (sebut aja petir) dibawah judul dari hasil pencarian mesin pencari (lihat gambar) itu adalah AMP alias halaman AMP si super cepat itu. Lihat pada lingkaran di gambar, itu adalah logo yang menyatakan bahwa halaman tersebut merupakan halaman AMP yang mana jika di klik akan lebih cepat loadingnya dibanding halaman lain.

Gimana ? Sampai sini paham kan ? Jadi, AMP ini dapat mempercepat halaman bahkan tidak terlihat loadingnya. Ini dapat membantu situs mendapatkan lebih banyak pengunjung juga dan bahkan pageviews bisa meningkat lebih banyak dari sebelumnya.

Cara Kerja

Cara kerja AMP sangat cepat ? Ko bisa ? Ya, AMP melucuti tag-tag HTML tertentu sehingga tidak dapat digunakan dan membuat HTML menjadi lebih ringan dan cepat ketika dimuat oleh jaringan bahkan tanpa loading. Selain HTML, file CSS juga di perkecil dan file Javascript ditiadakan.

Itulah alasannya kenapa AMP sangat amat cepat, ini juga dapat membuat pengunjung lebih nyaman tanpa harus menunggu loading yang super duper lama.

Tapi, dalam penerapan AMP ini perlu pemahaman tentang tag-tag yang diperlukan oleh AMP itu sendiri kecuali kalo situs tersebut menggunakan CMS seperti WordPress mungkin bisa lebih mudah karena ada plugin-plugin yang menyediakan AMP pages.

Situs kamu dibangun menggunakan WordPress ? Klik disini untuk melihat daftar plugin AMP WordPress gratis terbaik dan klik disini untuk melihat cara menggunakannya.


Jangan Lupa Share !!!

25
7 shares, 25 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
8
Bingung
Kesal Kesal
6
Kesal
OMG OMG
8
OMG
Takut Takut
7
Takut
Keren Keren
5
Keren
Sedih Sedih
10
Sedih
Posciety Edu

Intermediate

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan artikel-artikel edukasi dunia yang mendidik.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki