Memahami Autentikasi 2 Langkah, Akun Jadi Lebih Aman !

Artikel kali ini menjelaskan tentang Autentikasi 2 Langkah, sebagai salah satu cara tepat untuk mengamankan akun kalian media sosial / situs web lain seperti Facebook / Google / Twitter / Instagram / dll.

Apa Itu Autentikasi 2 Langkah ?

Autentikasi 2 Langkah ini pasti sering kalian lihat, biasanya pake bahasa Inggris jadi 2 Step Authentication (ada juga yang menyebutnya 2 Step Verification). Autentikasi 2 Langkah ini merupakan cara pengamanan akun yang digunakan di situs web / media sosial seperti Facebook / Twitter / dll.

Cara kerja Autentikasi 2 Langkah ini, ketika kalian mencoba untuk login menggunakan akun yang kalian miliki maka sistem akan mengirim konfirmasi untuk tindakan login tersebut biasanya berupa SMS ke nomor HP atau via email.

Nah, yang dikirim ke nomor handphone atau email itu biasanya berupa kode verifikasi berupa angka. Kode tersebut harus dimasukkan ke kolom yang disediakan di halaman login yang pending tadi, jika kode yang dimasukkan ke kolom tersebut sama dengan kode yang diatur oleh sistem (kode yang sudah dikirim lewat SMS atau email) maka berhasil login. Sebaliknya, jika salah maka tidak dapat login.

Manfaat Autentikasi 2 Langkah

Bisa dibilang saya adalah salah satu orang yang sangat merekomendasikan ini, bahkan mewajibkan. Kenapa ? Karena dengan Autentikasi 2 Langkah seperti ini akun kalian akan lebih aman dari sebelumnya (dibanding tidak menggunakan Autentikasi). Hal ini juga dapat membantu meringankan kekhawatiran kalian dari ketakutan kehilangan akun.

Dengan mengaktifkan fitur ini, sedikit kemungkinan akun kalian diambil alih oleh tangan orang jahat. KECUALI, orang itu bisa masuk ke email bersangkutan (yang digunakan untuk menerima kode autentikasi) atau bisa membaca pesan di HP (yang menerima kode verifikasi lewat SMS). Tapi saya yakin hal itu jarang terjadi, kecuali sama pasangan atau orang yang dipercaya.

Cara Menggunakan

Setiap situs tentu memiliki caranya masing-masing yang hampir sama tapi berbeda, gimana tuh 😀 Maksudnya, setiap situs pasti punya caranya masing-masing walaupun tujuannya sama yaitu mengirim kode autentikasi untuk login ke email / nomor handphone. Biasanya untuk mengaktifkan fitur ini kalian perlu pergi ke menu Pengaturan dan cari bagian Authentication Step.

Syarat menggunakannya juga gak susah, cukup masukkan nomor handphone dan verifikasi nomor tersebut (untuk menggunakan autentikasi via SMS) atau pada beberapa situs web / medsos ada juga yang menggunakan email untuk menerima kode autentikasi. Tinggal dipilih aja yang menurut kalian lebih aman dan mudah digunakan.

Ayo! Mulai aktifkan autentikasi 2 langkah sekarang…

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi