AUTO INCREMENT di Database & Cara Membuatnya

Otomatis Menyusun

Untuk beberapa orang mungkin ada yang belum mengetahui arti dari AUTO INCREMENT pada database dan kebingungan cara menggunakannya. Pada artikel ini saya akan menjelaskan tentang Auto Increment di database + cara membuatnya.

Apa Itu AUTO INCREMENT ?

Auto Increment merupakan fitur pada database yang memungkinkan pengguna membuat angka unik yang dihasilkan secara otomatis dan berurut untuk setiap rekor / catatan baru yang dimasukkan / di input kedalam table database tersebut. Dan kebanyakan orang menggunakan angka unik Auto Increment ini sebagai Primary Key / Kunci Utama pada tabel database tersebut.

Contoh:

Misalnya ada tabel database dengan nama contohTutorial yang didalamnya memiliki kolom / struktur id, nama, alamat dan tanggalLahir, pada struktur tersebut mana yang bisa dijadikan Auto Increment ? Tentu saja id, karena id ini pasti diterapkan sebagai INT (integer alias number / angka).

Fungsi:

Fungsi dari Auto Increment itu sendiri adalah membuat angka berurut dari mulai terkecil sampai terbesar dan tidak perlu diisi secara manual ketika memasukkan data ke table contohTutorial. Hal ini pernah saya jelaskan di tutorial Bagaimana Cara Membuat Sistem Upload / Input / Insert Data ke Database di File / Situs PHP.

Jadi, misalnya ketika memasukkan data ke table contohTutorial kita cukup memasukkan data nama, alamat dan tanggalLahir saja biarkan kolom id dikosongkan karena id akan secara otomatis membuat angka unik menyusun dari angka sebelumnya. Tapi jika ingin menentukannya secara manual juga bisa, cukup masukkan angka di kolom id dengan angka yang diinginkan. Angka tersebut tetap akan menjadi id di kolom id.

Harap pastikan kalian memasukkan id yang memang belum ada sebelumnya karena tidak akan berhasil disebabkan oleh duplikasi / terdapat angka id yang sama dan menyebabkan error.

Bagaimana Cara Membuat AUTO INCREMENT ?

Tidak sulit menentukan kolom id sebagai Auto Increment, silahkan masuk ke database nya (phpMyAdmin) seperti biasa. (lihat gambar)

Mengedit Struktur id yang Sudah Ada

lalu klik table yang didalamnya memiliki id. Silahkan klik tab menu Structure diatas dan klik ubah pada stuktur / kolom id untuk mengedit struktur id tersebut. Pastikan kalian sudah mengatur Type kolom / struktur id tersebut menjadi INT lalu pada bagian kotak centang A_I silahkan di ceklis. Sekarang id tersebut sudah berhasil Auto Increment.

Pada phpMyAdmin terbaru biasanya ketika mencentang kotak A_I tersebut akan muncul layar popup kecil pada layar yang menanyakan apakah id ini akan dijadikan Kunci Utama / Primary Key ? Silahkan atur sebagai Kunci Utama atau tutup jika tidak ingin dijadikan Kunci Utama. Setelah selesai silahkan klik tombol Simpan untuk menyimpan hasil edit pada id ini maka akan diarahkan kembali ke halaman struktur / kolom sebelumnya.

Membuat Table Baru

Lebih mudah saya menjelaskannya jika kalian membuat table baru, silahkan buat table baru seperti biasa kemudian tentukan 1 kolom / struktur untuk dijadikan id (biasanya kolom id ini berada diurutan pertama) kemudian atur Type / Jenis nya menjadi INT. Pada bagian A_I silahkan centang kotaknya (pada phpMyAdmin baru biasanya muncul layar popup kecil yang menanyakan apakah kolom ini akan dijadikan Kunci Utama, silahkan atur sebagai Kunci Utama atau close jika tidak ingin dijadikan Kunci Utama).

Jika Membuat Menggunakan Code

Dalam pembuatannya dapat dilakukan menggunakan code, hal ini biasanya dilakukan para pengguna yang sudah hafal syntax MySQL diluar kepala. Untuk menggunakannya silahkan gunakan code ini:

CREATE TABLE contohTutorial (
    ID int NOT NULL AUTO_INCREMENT,
    nama varchar(255) NOT NULL,
    alamat varchar(255),
    PRIMARY KEY (ID)
);

Ini sama saja dengan membuat table baru secara manual mengandalkan fitur-fitur yang ada di phpMyAdmin seperti cara diatas. Silahkan ganti contohTutorial dengan nama table yang ingin kalian buat dan hapus PRIMARY KEY (ID) jika tidak ingin menjadik id sebagai Kunci Utama tabel tersebut.

Masih bingung ? Lihat: Video tutorial cara membuat Auto Increment.

Pada artikel ini saya menjelaskan tentang membuat Auto Increment untuk table via MySQL Database / phpMyAdmin, pada beberapa sistem database lain biasanya terdapat sedikit perbedaan dalam pembuatannya misalnya pada Access. Penjelasan ini dibuat agar lebih memahami tutorial-tutorial PHP yang saya buat di blog ini beberapa hari kebelakang dan untuk tutorial PHP yang akan datang karena pada beberapa tutorial ada yang memerlukan Auto Increment.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

3
Tinggalkan Komentar

avatar
Abdil
Visitor
Abdil

Trimakasih

kris
Visitor
kris

Kak kalo misal mau insert dua table .
table 1 => id, nama, alamat.
table 2 => id, idTable1, tanggalMasuk

sedangkan id itu pake auto increment?inginnya insert sekali click dua table terisi.

toned butt
Visitor
toned butt

This paragraph offers clear idea designed for the new people of blogging,
that in fact how to do blogging.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi