Apa Itu Buah Tal ? Dan Apa Saja Manfaatnya ?

0

Buah Tal dikenal oleh masyarakat luas sebagai buah Siwalan atau buah Lontar. Buah ini tumbuh di Indonesia bagian tmur pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Buah Tal termasuk ke dalam tanaman palma yang banyak dikonsumsi masyarakat.

Masyarakat Madura menamai buah ini dengan sebutan buah Tal. Di Sumatra Barat, buah Tal dikenal dengan buah Lontar. Sementara masyarakat Suku Sunda, Jawa, dan Bali menyebutnya buah Ental. Jadi apa itu buah Tal? Buah yang berasal dari pohon sejenis palma yang tumbuh di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Ciri-Ciri Buah Tal

ads by posciety

img: id.pinterest.com

Jenis pohon Tal atau palma yang tumbuh di Indonesia terdiri atas dua, yaitu Borassus Sundaicus (permukaan daun halus) dan Borassus Flabilifer (permukaan yang bersisik). Tanaman yang tumbuh dan tersebar di Indonesia adalah jenis Borassus Sundaicus.

Jenis palma ini memiliki kemampuan dalam mengikat air, penahan erosi, dan juga pengawet tanah. Jenis tanah yang cocok dengan tumbuhan Tal adalah tanah Alluvial Hidromorf, Alluvial Kelabu Tua, Kelabu Kuning, Latosol Merah, dan Latosol Coklat Kemerahan. Namun jangan khawatir, karena tumbuhan ini dapat hidup pada semua kondisi jenis tanah.

Ciri-ciri buah tal memiliki tekstur lembut seperti kelapa. Dapat hidup lebih dari seratus tahun. Biji buah kerap digunakan sebagai bahan campuran minuman seperti es dawet.

Manfaat Buah Tal Bagi Kesehatan

Pohon Tal memiliki banyak keunggulan bagi kebutuhan hidup manusia. Mulai dari akar, daun, hingga buahnya yang berguna sebagai bahan pangan. Buah ini mengandung vitamin A, C, Fosfor, Seng, Kalsium, dan Kalium yang berguna bagi tubuh manusia. Adapun manfaat buah tal bagi kesehatan antara lain.

Tinggi Isotonik

Buah Tal yang kaya dengan kandungan Isotonik dapat menggantikan mineral dan cairan yang keluar dari tubuh. Oleh karena itu, buah ini cocok sekali jika dipadukan dengan minuman agar dapat mencegah terjadinya dehidrasi.

Mengatasi Masalah Kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif. Buah Tal dipercaya dapat mengurangi masalah tersebut karena buah ini dapat melembabkan kulit yang kering. Solusi buat kamu yang memiliki kulit kering, caranya dengan mengoleskan lapisan tipis dari jeli buah Tal ke kulit.

Kandungan Fosfor

Buah Tal mengandung fosfor yang baik untuk tubuh setelah kalsium. Fosfor merupakan mineral yang dapat menjaga tulang dan gigi dan menstasbilkan detak jantung. Rendahnya kadar Fosfor pada tubuh menyebabkan penurunan nafsu makan, mudah cemas, dan cepat lelah. Oleh karena itu, sangat dianjurkan sekali mengkonsumsi buah Tal.

Mencegah Diabetes

Penderita diabetes tidak perlu takut untuk mengkonsumsi buah ini karena memiliki kadar Glikemia yang tidak tinggi sehingga mampu mengontrol kandungan gula dalam darah.

Baik untuk Ginjal

Organ tubuh yang tak kalah pentingnya ialah ginjal. Kandungan Fosfor pada buah Tal cukup baik bagi kesehatan terutama saat membantu uriniasasi.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya