Apa Itu Daun Afrika ? Yuk Ketahui Manfaatnya…

Daun Afrika atau nama latinnya adalah vernonia amygdalina diduga berasal dari daerah Afrika Barat, namun sekarang dapat ditemukan di seluruh bagian Afrika. Dalam bahasa Inggris, daun afrika disebut dengan bitter leaf. Tanaman ini dapat tumbuh antara 1 sampai 5 meter, sangat mudah sekali tumbuh di uklim tropis.

Pada umumnya, daun afrika berukuran panjang sekitar 15 cm dengan lebar sekitar 5 sampai 8 cm. Daun afrika memiliki bentuk oval dengan ujung dan pangkal daun yang meruncing, permukaan daunnya berambut halus.

Daun afrika mengandung protein, serat, vitamin, lemak, karbohidrat, asam, fosfor, sulfur, kalium, natrium, saponin, flavonoid, koumarin, lignin, asam fenolat serta senyawa kimia lain. Berikut adalah khasiat dari daun afrika.

Khasiat Daun Afrika

  • Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Daun afrika dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik secara signifikan, dan dapat juga melancarkan peredaran darah dibutuhkan kalium yang berkhasiat untk menghindarkan berbagai penyakit kardiovaskuler atau jantung dan stroke.

  • Mengatasi Penyakit Meningitis

Para ilmuwan menemukan bahwa daun afrika memiliki khasiat untuk mengatasi meningitis seperti anti inflamasi, pereda sakit, dan sebagai peningkat sistem imun pada tubuh.

  • Mampu Mengatasi Jerawat

Kandungan fenol dan flavonoid pada daun afrika bersifat anti bakteri efektif menghambat bakteri penyebab jerawat, sehingga daun afrika ini mampu mengatasi jerawat.

  • Dapat Membantu Penderita HIV dan AIDS

Menurut beberapa penelitian, 75% kasus HIV yang sudah sampai tahap AIDS meninggal 3 tahun kemudian. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi harapan hidup penderita HIV dan AIDS yaitu bergantung pada kandisi kadar CD4. CD4 merupakan jenis sel darah putih bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Ilmuwan menemukan bahwa manfaat dari daun afrika ini sangat dahsyat, yaitu dapat meningkatkan kadar sel CD4 atau disebut dengan kadar CD+, pemberian ekstrak daun afrika dengan dosis tertentu mampu meningkatkan kadar CD4.

  • Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin-vitamin dan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh yang ada dalam daun afrika berkhasiat sebagai antioksidan pada tubuh.

  • Mengatasi Kanker Payudara

Penelitian yang dipublikasikan di ”Experimental Biology and Medicine” edisi Februari 2004, mengatakan bahwa tanaman ini mampu menghentikan sel-sel kanker payudara dalam tubuh.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi