Apa Itu Ghost Kitchen ?

0

Mungkin sebagian orang baru mendengar istilah “Ghost Kitchen”. Ghost Kitchen bukan berarti dapur yang berhantu. Ini merupakan konsep bisnis terbaru di bidang kuliner. Seiring berkembangnya teknologi, sehingga banyak aplikasi-aplikasi yang menyediakan jasa pengantar makanan.

Ghost Kitchen ini merupakan sebuah konsep yang tidak perlu memperlihatkan dapur dan dining space mereka secara fisik kepada konsumen. Konsep ini hanya fokus untuk memenuhi pesanan online melalui delivery.

Youtuber asal Amerika yang bernama Mr. Beast (Jimmy Donaldson) menggunakan konsep Ghost Kitchen dalam usaha kulinernya dengan merk brand Mr. Beast Burger. Dalam jangka waktu satu tahun, dia sudah memiliki 1000 cabang. Dia mengembangkan konsep Ghost Kitchennya itu menjadi Ghost Franchise, sehingga orang-orang yang memiliki dapur memadai bisa membeli brand-nya dengan konsep Ghost Kitchen. Nantinya, yang membeli brand tersebut akan diberi resep dan pelatihannya lalu tinggal menunggu orderan datang dari aplikasi delivery.

ads by posciety

Dengan konsep seperti itu, banyak artis US yang meniru konsep bisnisnya. Lalu, seperti apakah konsep dari Ghost Kitchen itu sendiri? Apa saja jenis ghost kitchen itu sendiri? Apakah ghost kitchen merupakan bisnis yang sangat menguntungkan di zaman sekarang ini? Berikut ulasannya.

Pengertian Ghost Kitchen

Sebelumnya membahas lebih jauh, artikel ini akan menjelaskan tentang pengertian dari ghost kitchen terlebih dahulu. Dilansir dari hubster.co.id, ghost kitchen atau dikenal juga dengan sebutan dark kitchen, dapur virtual, dapur bayangan, atau dapur commissary adalah fasilitas persiapan makanan yang menyiapkan makanan untuk pengiriman pesanan. Anda dapat menganggap ghost kitchen sebagai restoran tanpa area makan di tempat atau dapur komersial yang dioptimalkan untuk memenuhi pengiriman pesanan.

Ghost kitchen dapat digunakan untuk meluncurkan restoran yang sepenuhnya baru, atau untuk meningkatkan jangkauan restoran yang sudah ada dengan membuat “etalase virtual’ baru di berbagai area.

Sebuah restoran dengan satu lokasi bangunan kemungkinan hanya mengirim dalam radius 5 mil dari restoran. Jika restoran membuat ghost kitchen di luar radius 5 mil, restoran dapat mulai mengirimkan ke pelanggan-pelanggan baru.

Lebih lanjut, banyak restoran membuat ghost kitchen di area yang volume pesanannya tinggi dengan jumlah permintaan pengiriman yang signifikan akan menghasilkan peningkatan jangkauan, pesanan, dan penjualan.

Asal Mula Munculnya Ghost Kitchen

Ada beberapa faktor yang telah berkontribusi pada munculnya ghost kitchen dari perubahan ekonomi, perubahan perilaku konsumen, bentuk pekerjaan baru, kenaikan harga real estate, dan kondisi budaya yang tidak terduga.

Memahami dari mana ghost kitchen berasal, mewajibkan kita untuk mempertimbangkan bahwa:

  • Restoran berjalan dengan margin rendah untuk mempekerjakan dan mengawasi karyawan membutuhkan biaya tinggi dan konstan.
  • Munculnya smarthphone dan pentingnya kenyamanan telah mengubah perilaku konsumen terhadap pemesanan dan pengiriman digital yang telah tumbuh 300 % lebih cepat dari trafik makan di tempat sejak 2014.
  • Gagasan tentang pekerjaan tradisional telah menurun selama dekade terakhir, karena gig-ekonomi telah berkembang pesat. Saat ini, 40% generasi milenial adalah pekerja gig atau pekerja lepas, dan 40% perusahaan di seluruh dunia mempekerjakan pekerja lepas. Ini menciptakan kumpulan pengemudi potensial untuk aplikasi seperti Go Food, Grab Food, dan kumpulan staf potensial untuk bekerja di ghost kitchen.
  • Membuka restoran pada tahun 2021 membutuhkan banyak uang. Menurut survei yang dilakukan oleh restaurantowner.com, membuka restoran tradisional membutuhkan biaya dari $175.500 hingga $750.000. Karena harga real estate secara komersial terus meningkat, menghapus kebutuhan untuk menyewa ruangan yang besar dengan area tempat duduk terlihat semakin menarik bagi pemilik restoran.

Kondisi akhir yang tidak bisa diabaikan adalah dampak COVID-19 baik terhadap perilaku konsumen maupun dari restoran. Saat pesanan stay at home mulai berlaku di seluruh dunia, pelanggan mulai memesan lebih sering dari sebelumnya.

Dan dengan berkurangnya kapasitas dan penutupan, pengiriman menjadi satu-satunya sarana industri restoran untuk bertahan hidup. Sementara pembatasan terus berubah dan meningkat, pengiriman masih diperkirakan akan tumbuh dengan cepat selama dekade berikutnya.

Kombinasi antara perubahan budaya dan tantangan ini membuka peluang inovasi di banyak sektor, mungkin terutama di industri restoran, dan tren ghost kitchen yang semakin cepat pupuler.

Apa Saja Jenis-Jenis Ghost Kitchen?

Inkubator atau Pop-Up Kitchen

Inkubator atau pop-up kitchen adalah ruang yang menempel pada bangunan restoran, tetapi hanya digunakan untuk memenuhi pesanan dan pengiriman online. Dapur inkubator memungkinkan restoran tradisional untk mencoba konsep baru, meminimalkan kekacauan di dapur, dan menciptakan aliran pendapatan baru.

Commissary atau Dapur Bersama

Dapur commissary adalah ruang komersial yang digunakan bersama oleh beberapa restoran. Itu dilengkapi dengan semua perlengkapan dan peralatan masak yang Anda butuhkan untuk memenuhi pesanan online dan tidak memerlukan uang muka yang besar atau kontrak seumur hidup. Dapur commissary pada dasarnya adalah dapur yang tersedia untuk disewakan ke restoran atau pengusaha makanan mana pun.

Kitchen Pods

Kitchen Pods adalah jenis ghost kitchen yang paling sederhana. Umumnya menggunakan kontainer pengiriman, kitchen pods sering ditempatkan di tempat parkir di belakang restoran, membuatnya mudah diangkut tetapi kecil dan tidak nyaman untuk bekerja di dalamnya.

Kelebihan Dari Ghost Kitchen

Kelebihan dari konsep ghost kitchen itu sendiri yaitu Anda bisa memulai bisnis dengan modal lebih murah dan lebih cepat. Ada biaya peralatan dan pengurusan dokumen legal yang dapat dipangkas. Asal memiliki keterampilan di bidang kuliner, Anda bisa segera memulai bisnis ini.

Ghost kitchen juga bisa menjadi sarana bagi seorang pebisnis pemula menguji produknya. Sebelum memutuskan membuka restoran atau food truck, Anda bisa mulai mendaftarkan merk Anda di aplikasi pengiriman makanan onine dan mengevaluasi minat pasar terhadap produk yang Anda jual.

Bisnis ini bisa menjangkau konsumen lebih luas bila dibandingkan dengan memiliki restoran tetap. Menjual makanan melalui aplikasi pengiriman makanan online, konsumen menjadi tidak terlalu peduli akan jarak. Sebab, konsumen tetap bisa santai di rumah dan makanan akan diantarkan. Lebih praktis dan lebih mudah bagi konsumen.

Selain itu, hal yang menarik dari ghost kitchen itu sendiri adalah Anda bahkan bisa dengan mudah untuk membuat beberapa merk. Misal, burger sedang sangat populer. Maka kamu bisa saja spesifik menjual burger, akan tetapi menggunakan beberapa merk. Padahal burger tersebut dibuat di dapur yang sama. Tujuannya untuk menjaring pasar sebanyak-banyaknya.

Kekurangan Ghost Kitchen

Di balik kelebihan yang dimiliki pasti ada kekurangan dari konsep bisnis Ghost Kitchen. Berhubung konsep ghost kitchen ini dilakukan melalui aplikasi online, maka banyak sekali bisnis kuliner yang tersedia dalam sebuah aplikasi.

Dari sekian banyaknya pebisnis makanan yang ada dalam sebuah aplikasi, kamu tidak bisa mengukur secara pasti, mana pebisnis yang benar-benar menjadi saingan. Hal ini juga akan berdampak pada kesulitan mengatur strategi pemasaran.

Selain itu, ada biaya potensi kehilangan konsumen juga yang akan kamu bayar. Berbeda dengan restoran dimana orang yang lewat dapat tiba-tiba singgah, kemungkinan ini tidak dimiliki oleh Ghost Kitchen.

Ketika membeli makanan melalui aplikasi, orang bisa saja tiba-tiba memutuskan membeli produk Anda. Namun, untuk menca[ai hal tersebut, Anda perlu memastikan merk milik Anda muncul dalam pencarian dan cukup mampu menarik konsumen.

Artinya, pemilihan merk harus sangat dipikirkan. Anda juga perlu berkonsultasi dengan penyedia layanan aplikasii tersebut tentang cara agar merk selalu muncul dalam laman pencarian konsumen. Foto makanan pun harus tampak sangat menggiurkan, sehingga melihat selintas pun orang akan tertarik untuk membeli.

Selain itu, Anda perlu memaksimalkan pemasaran dengan mengikuti berbagai program yang disediakan aplikasi pengantaran makanan online tersebut dan juga menggunakan aplikasi kasir online yang dilengkapi dengan fitur pengaturan kampanye marketing. Rata-rata aplikasi pengantaran makanan online rutin menyediakan promosi. Tangkap peluang melalui berbagai program promo yang mereka buat.

Meskipun begitu, Ghost Kitchen bisa menjadi konsep bisnis yang layak untuk dicoba. Apabila mengingat karakter masyarakat hari ini, dimana sebagian besar orang menyukai hal yang serba instan dan praktis. Aplikasi makanan online akan menjadi alasan orang untuk membeli makanan sehingga tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah untuk membeli makanan atau bahkan menyiapkan makanan. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya