Apa Itu Google Ads (Dulunya Google AdWords) ?

Mari simak pengertian tentang Google Ads dan beberapa sistem / fasilitas yang ada pada Google Ads.

Google Ads merupakan produk / jasa milik Google yang bergelut di dunia periklanan. Google Ads ini bisa dibilan jasa yang bergerak di bidang perklanan paling sukses karena mampu menarik beberpaa pelanggan atau pemasang iklan untuk menggunakan jasanya. Entah pendapatan Google berapa juta, miliar atau triliun berkat Google Ads ini.

Fitur Apa Saja yang Dimiliki Google Ads?

  1. PPM (Pay Per Million) yang artinya bayar per kelipatan seribu penampilan iklan. Para pemasang iklan harus membayar biaya pemasangan iklan setelah iklan mereka tampil lebih dari seribu kali. Begitu terus sampai selanjutnya mencapai seribu tampilan lagi dan lagi.
  2. PPC (Pay Per Click) artinya bayar iklan dengan hitungan klik. Pemasang iklan kebanyakan menggunakan sistem yang satu ini karena lebih PASTI. Kadang pemasang iklan selain ingin menampilkan produknya mereka juga ingin websitenya dikunjungi oleh orang2 baru. Jadi, pemasang iklan hanya akan bayar iklan yang di klik saja. Kalo iklannya tampil dan gak ada yang klik berarti pemasang iklan belum dikenakan biaya.

Kemudian, dimana iklan Anda akan ditampilkan ketika menggunakan jasa google adwords ? Google Ads memiliki 2 platform untuk pemasangan iklannya yaitu:

  1. Platform Google Search, yaitu penempatan iklan akan ditempatkan di hasil pencarian web browser. Platform ini hanya bisa digunakan untuk jenis iklan text (tanpa gambar / video). Ketika menggunakan platform google search artinya Anda harus memiliki keywords untuk iklan Anda. Misalnya Anda menerapkan keywords pada iklan text Anda “WordPress” maka ketika seseorang mencari di mesin pencari dengan menuliskan kata “WordPress” akan muncul iklan Anda entah dibawah atau di atas hasil pencarian dengan tanda kuning bertuliskan “ads”.
  2. Platform Google Display Network, yaitu iklan Anda akan tampil di beberapa tempat yang memang bisa diletakkan google adwords seperti YouTube, Website, Blog, dll. Biasanya para pemasang iklan yang menggunakan video atau gambar lebih memilih platform ini karena ingin gambar atau videonya dilihat banyak orang. Platform ini juga lebih menjanjikan karena tidak hanya muncul di satu tempat saja tapi bisa di beberapa tempat. Apakah memerlukan keyword juga? Ya, tentu! Karena iklan Anda akan tampil di beberapa website yang memiliki kategori sama seperti iklan Anda. Misalnya Anda menerapkan keyword “Mobil” pada iklan Anda, maka iklan Anda akan tampil di beberapa website yang berkategori “mobil / kendaraan”.
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi