Apa Itu Low Back Pain ? Pengertian Low Back Pain dan Pencegahannya

img: painhealth

Apa Itu Low Back Pain ? Low Back Pain atau bahasa lainnya nyeri punggung bawah adalah nyeri di bagian punggung bawah, yang mungkin disebabkan oleh saraf, iritasi otot, atau lesi tulang. Nyeri punggung bawah juga bisa akibat cidera atau trauma pada punggung, tapi rasa sakit juga bisa disebabkan oleh kondisi degeneratif seperti penyakit artritis, osteophorosis atau penyakit tulang lainnya, infeksi virus, iritasi pada sendi, atau kelaianan bawaan pada tulang belakang. Selain itu obesitas, merokok, stres, kurangnya olahraga, posisi yang salah saat tidur juga dapat menimbulkan nyeri pada punggung bawah.

Gejala Low Back Pain

Gejala penyakit punggung yang sering dirasakan adalah nyeri, kaku, deformitas, atau rasa lemah pada tungkai. Gejala serangan pertama sangat penting. Dari awal serangan perlu diperhatikan, apakah serangan dimulai secara tiba-tiba, apakah setelah menggeliat, atau terjadi berangsur-angsur tanpa kejadian apapun.

  • Rasa sakit yang kadang menjalar ke depan, samping, atau belakang kaki Anda
  • Rasa sakit dapat memburuk dengan aktivitas
  • Rasa sakit yang memburuk ketika malam hari atau terlalu lama duduk
  • Memiliki mati rasa atau kelemahan di bagian kaki
  • Tidak mampu mengangkat ibu jari kaki karena saraf lumbal kelima tertekan dan tidak bisa melenturkan kaki dengan sempurna.

Pencegahan dan Pengobatan Low Back Pain

Pengobatan low back pain adalah didasarkan pada asumsi bahwa rasa sakit sekitar 90 persen menghilang dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu bulan. Mengompres es dan air hangat pada bagian punggung yang nyeri dapat meredakan saraf dan otot yang menegang sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung. Menkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen juga dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung.

Tidur dengan posisi dan kasur yang nyaman membantu mengurang nyeri punggung, tempatkan punggung Anda tegak lurus saat tidur, usahakan leher, punggung, dan tulang ekor sejajar tanpa penyangga kepala seperti bantal. Segerakan konsultasikan ke dokter bila sakit melanjut dan semakin nyeri bisa jadi penyakit menjalar dan menyebabkan komplikasi.

Jauhi mengangkat barang terlalu berat dan beraktivitas secara ekstrim, jangan duduk dengan posisi yang sembarangan tetap tegap atau bersandar dengan sandaran yang nyaman pada kursi, selalu melakukan peregangan leher dan badan Anda setelah tidur atau duduk terlalu lama, dan kontrol asupan makan Anda karena kelebihan bobot berat badan dapat menyebabkan tulang belakang yang menompang tubuh menjadi bekerja ekstra.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi