FAT & NTFS – Windows File System

Sistem Berkash untuk Windows

Bagi para pengguna Windows yang sering membuka Disk Management, membagi volume disk, bahkan memformat disk, mungkin sering melihat NTFS, FAT, dsb. Agak sedikit membingungkan memang, ketika diminta untuk mengatur nilai untuk bagian ini. Akhirnya bertanya-tanya apa arti dari NTFS / FAT / FAT32, mari kita ulas semuanya sekarang.

Apa itu FAT ?

FAT merupakan kependekkan dari File Allocation Table (Tabel Alokasi Berkas), ini merupakan file system (sistem berkas) pertama yang diterapkan pada DOS Windows. FAT pun memiliki generasinya secara konsisten menghadirkan yang lebih baik dari versi-versi sebelumnya, FAT 12 / FAT 16 / VFAT / FAT 32.

Apa Itu NTFS ?

Kepanjangan dari NTFS adalah NT File System, ada NT di depannya karena ini diterapkan pertama kali pada Windows NT dan tetap dilanjutkan penggunaannya hingga Windows penerusnya.

NTFS sendiri tidak luput dari peran FAT yang lebih awal hadir, Microsoft mengembangkan NTFS agar file system Windows dapat bekerja lebih baik lagi.

Pada dasarnya kedua file system ini sama-sama bagus tergantung keperluan pengguna, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, NTFS ini bisa dikatakan lebih modern dibandingkan dengan FAT karena NTFS memiliki kinerja yang lebih diunggulkan untuk pengelolaan berkas modern saat ini.

Kedua sistem berkas ini sering kita lihat ketika hendak memformat atau membagi ruang disk pada komputer / laptop / penyimpanan berkas lainnya seperti Flash Disk. Jika kebingungan menentukan FAT atau NTFS serta nilai Cluster dan Allocation nya, kamu bisa dapatkan di postingan sebelumnya tentang Cara Menentukan nilai FAT / NTFS yang Pas.

Semoga bermanfaat !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi