Apa Itu Permainan SOFTBALL ? Apa Saja Peraturannya ?

0

Sudah pernahkah kalian mendengar tentang permainan softball?? Permainan softball merupakan cabang olahraga beregu yang dapat dimainkan oleh berbagai kalangan, baik itu putra, putri, anak anak dan orang dewasa.

Permainan softball berjumlah 9 orang dalam tiap regu. Permainan ini dimainkan atas dua tim( tim pemukul dan tim berjaga). Tim yang bermain dalam permainan ini berlomba-lomba mengumpulkan angka dengan cara memutari tiga base pelari hingga menyentuh markah akhir (tempat berhenti).

Sejarah

ads by posciety

Pada tahun 1996 permainan softball ini sampai di Indonesia, yang dimerupakan olahraga kaum wanita.Setelah diadakan Asean Games Bangkok, barulah kaum pria memainkan permainan ini. Di Indonesia permainan softball dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya (kota di Jawa Timur). Softball merupakan perkembangan dari olahraga sejenis, yaitu baseball atau hardball. Kedua permainan ini termasuk dalam kategori permainan bola kecil.

Jumlah Pemain Softball & Aturan Mainnya

Softball dimainkan oleh dua tim di lapangan softball. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Ketika tim yang menyerang mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul. Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.

Skor atau run dihasilkan dari seorang runner berlari menginjak semua markah secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. Waktu permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Dalam tiap pertandingan soffbol durasi permainan setidaknya 7 inning tergantung situasi, atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

Jika dalam inning yang ditentukan waktu sudah habis dan kedua belah tim dalam keadaan seri, inning tambahan dimainkan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang. Kondisi itu disebut tie break atau seri. Pada permulaan permainan, tim yang menjadi tuan rumah (home team) mendapat giliran melempar sedangkan tim tamu (visitor) mendapat giliran memukul.

Lapangan

img: WikiPedia

Dilansir dari WikiPedia, lapangan Softball berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, bagian dalam (Infield), dan bagian luar (outfield).

Di dalam daerah dalam terdapat 4 markah (base). Setiap markah diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari markah awal yang disebut home plate, diteruskan dengan markah pertama, markah kedua dan markah ketiga. Markah berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat markah membentuk bentuk empat persegi yang disebut berlian (diamond).

Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

Perlengkapan Permainan

Peraturan permainan Softball selanjutnya berkaitan dengan perlengkapan atau peralatannya. Dalam permainan Softball terdapat bola yang warnanya kuning disertai benang grip merah. Bola memang salah satu peralatan Softball yang paling utama. Namun adapula beberapa peraturan Softball lainnya terkait perlengkapan yang diperlukan seperti:

1.Tongkat pemukul atau bat khusus untuk pertandingan resmi sesuai dengan peraturan dari Federasi Softball Internasional.Glove atau sarung tangan yang berguna untuk menangkap bola. Maka setiap pemain bertahan wajib untuk mengenakan sarung tangan ini.

2.Mitt atau sarung tanpa jari yang wajib dikenakan oleh penangkap bola dan First Baseman.

3.Helm pemukul bola yang wajib dikenakan oleh setiap pemain Softball. Hal ini berguna untuk melindungi kepala ketika bola datang dengan keras dan cepat.

4.Protective gear atau pakaian pelindung yang digunakan oleh penangkap bola.

5.Cleats atau sepatu pool.

6.Menggunakan seragam seperti celana, baju, dan topi yang warnanya sama. Hal ini berlaku untuk setiap pemain dalam masing masing tim.

Peraturan Pertandingan

Di bawah ini terdapat beberapa peraturan permainan Softball lainnya yaitu sebagai berikut:

  • Jika setelah 7 inning pertandingan memiliki hasil yang seri atau sama. Maka akan diberikan tambahan inning lagi untuk melanjutkan pertandingan.
  • Apabila dalam waktu yang ditentukan terdapat tim yang tidak bersedia bermain maka akan dinyatakan kalah. Kemudian tim pemenang akan diumumkan dengan nila 0 – 15.
  • Setiap inning memiliki satu kali timeout selama 1 menit.

Jenis Pelanggaran

Peraturan permainan Softball selanjutnya berkaitan dengan pelanggarannya. Adapun beberapa pelanggaran dalam peraturan Softball yaitu sebagai berikut:

  • Pitcher tidak dapat melakukan gerakan lain selain melempar bola ke catcher jika saat melempar bola pemain pitcher melakukan touch ball.
  • Tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan pitching secara berulang.
  • Apabila pitching berkali kali dilakukan maka wasit akan memberikan peringatan dan hukuman. Misalnya Freewalk (untuk pihak lawan).
  • Pemukul akan dinyatakan freewalk jika lemparan pitcher mengenai tubuh pemukulnya.

Demikianlah pemabahasan tentang peraturan permainan soffball ini, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca.

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya