Apa itu Pers? Kenali 7 Fungsi Pers di Indonesia

Secara etimologi pers berasal dari diksi asing yang terkenal dari kata pers (Belanda), presse (Prancis), press (Inggris). Namun secara umum, pers dapat dideskripsikan sebagai kegiatan jurnalistik yang dilakukan media massa untuk menyebarluaskan informasi berupa tulisan, suara, gambar, dan data grafik.

Pers dalam bahasa latin adalah pressare atau premere artinya tekan atau cetak. Dari pengertian inilah pers media yang digunakan pers untuk menyebarkan informasi tersebut melalui proses cetak maupun tidak cetak.

Koran (newspaper) dan majalah (magazine) merupakan contoh pers pertama kali dan sudah lama dikenal di lingkungan masyarakat pada masanya. Oleh karena itu, untuk memperoleh sebuah informasi membutuhkan banyak uang. Sebab dulu, koran dan majalah hanya dimiliki oleh orang-orang yagng berada di kalangan menengah ke atas.

Dari sudut pandang lain, para ahli memberikan pengertian yang berbeda untuk mendefinisikan kata pers. Berikut ini beberapa pendapat ahli tentang pers:

  • Peliputan berita dan media mesin cetak (Weiner)
  • Sudut pemikiran dan perasaan seseorang dalam bentuk tulisan (Oemar Seno Adji)
  • Komunikasi antara manusia (Gamle & Gamle)

Dari beberapa pendapat di atas, perd dalam UUD No. 40 Tahun 1999 merupakan lembaga sosial atau wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi, mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar serta data dan grafik atau bentuk lainnya menggunakan media cetak atau media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.

Sebagai media komunikasi yang banyak digunakan dan dinikmati oleh masyarakat, pers tentu saja memiliki fungsi atau peranan di indonesia. Inilah 7 Fungsi pers sebagai berikut:

1. Pers Secara Umum

Pers sebagai media komunikasi publik yang dicetak maupun secara online, bertujuan untuk memberikan informasi, memberikan kontrol, menghubungkan atau menjembatani suara-suara rakyat, memberikan hiburan, serta menambah wawasan.

Saat ini pers telah memberikan peluang untuk masyarakat bisa mengakses dengan mudah informasi yang bisa menambah wawasan serta dikemas dalam bentuk hiburan. Contohnya adalah debat pemilihan umum yang kerap disiarkan di televisi nasional. Tujuannya agar masyarakat mampu menilai seseorang calon pemimpin dengan sudut pandang yang berbeda. Bukan hanya dari media masa berupa narasi dalam sebuah tulisan.

2.  Pers di Indonesia

Pers punya peran penting bagi Indonesia, pemerintah memberikan kebebasan dalam pers dengan tujuan sebagai media informasi, sebagai berikut.

  • Media formasi kepada masyarkat
  • Media untuk beropini publik dan debat publik
  • Media investigasi terhadap masalah-masalah publik
  • Media pembelajaran
  • Media kebijakan publik kepada masyarakat dan program pemerintah
  • Memajukan kesejahteraan bangsa

3. Media Informasi

Pers punya peranan penting dalam hal menyebarkan infomasi bahkan menyebarluaskan hal-hal baru yang belum diketahui. Sebagai media informasi, banyak pengusaha yang bahkan tertarik untuk membangun bisnis di sektor penyiaran.

Saat ini, beragam portal berita yang menyajikan informasi terkait topik tertentu. Misalnya, sebuah portal berita mengambil topik utama tentang olahraga. Namun isi dalam portal berita tidak hanya menyajikan prestasi pemain bola. Terkadang juga banyak yang mengambil berita yang berkaitan dengan gaya hidup sehat para pemain bola, gaji pemain bola, hingga kehidupan asmara.

4. Media Pendidikan

Pers punya peran cukup berpengaruh dalam dunia pendidikan. Sebagai penyebar informasi yang belum diketahui masyarakat atau sifatnya unik. Pers menyajikan informasi yang mendidik berupa tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan.

Misalnya, seorang anak IPA berkeinginan menjadi seorang dokter hewan. Tentu saja hal dasar yang perlu diketahui adalah pengetahuan tentang hewan, hingga harus mempelajari kerangka tubuh hewan. Untuk bisa belajar, mereka bisa mengakses pengetahuan lewat YouTube, buku-buku cetak dan digital yang berkaitan dengan pengetahuan dasar profesi sebagai dokter hewan.

5. Media Hiburan

Hiburan di sini artinya pers sebagai wadah yang menampilkan beragam macam berita yang berkaitan dengan aktivitas publik figure, artis, selebritis, dan berita unik lainnya dari beragam penjuru dunia. Hiburan dalam makna luasnya adalah memberikan kesan yang bisa menghilangkan stres dan bisa menimbulkan tawa.

6. Media Kontrol Sosial

Sebagai media kontrol sosial berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan cara memaparkan sebuah peristiwa dan keadaan yang melanggar hukum agar tak diulangi. Kesadaran masyarakat ini juga bisa menurunkan tingkat diskriminasi yang mungkin terjadi di tengah masyarakat.

7. Lembaga Ekonomi

Perusahan yang bergerak dalam bidang penerbitan yang menyajikan berita dengan bernilai jual tinggi dan melakukan periklanan yang menambah keuntungan pers.

Berdasarkan 7 fungsi di atas, pers merupakan media komunikasi yang membahas sebuah topik tertentu yang dikemas dalam berita berupa tulisan, suara, data grafik, serta gambar yang memberikan informasi kepada masyarakat lebih luas.

BacaKarya TulisPenyiar
Komentar (0)
Tambah Komentar