Pingback

Memberikan link / URL situs lain merupakan salah satu metode yang digunakan oleh para pengelola situs web untuk menjaga eksistensinya, banyak orang menyebutnya sebagai pingback (ping balik). Ini merupakan pemberitahuan bahwa situs tersebut memberikan link situs dokumen online yang kita miliki.

Contoh: Situs A pada salah satu artikel / halaman memberikan link situs B didalamnya (tidak harus homepage, bisa artikel atau halaman lain pada situs), artinya traffic situs B akan sedikit terbantu keatas di hasil pencarian.

Metode ini juga diakui oleh para ahli untuk menjaga situs tetap pada jalur semestinya dalam hal kepopuleran sebuah situs web / brand, hal ini juga membuat para pemilik Content Management System (CMS) menambahkan fasilitas berupa pingback.

Apakah Saya Perlu Menyisipkan Link Situs Lain di Situs Saya ?

Kembali lagi pada prinsip situs kita sendiri, kenapa begitu ? Karena biasanya menyisipkan link ini terjadi karena kita merasa terinspirasi oleh situs lain atau memang kita menggunakan hak cipta dari situs B sehingga etika nya perlu mencantumkan sumber. Hal ini juga menjadi salah satu nilai plus bagi situs yang kita kelola karena telah bijaksana dalam mengelola sebuah karya online.

Bagaimana Menurut Google ?

Pingback seperti ini bukanlah hal penting di mata Google, namun Google pernah mengutip:

Pingback bisa saja diartikan bahwa situs A dianggap populer karena banyak (atau beberapa situs) .mencantumkan link yang mengarah ke situs A.

Hanya itu saja, selebihnya kembali lagi kepada peraturan lain yang lebih utama yang ditetapkan oleh Google seperti isi konten dan pengalaman pengguna.

Bagaimana Cara Menerapkannya ?

Saya rasa sudah banyak yang tau mengenai hal ini, kita cukup masukkan link didalam teks pada sebuah artikel / halaman yang mana link tersebut mengarah ke situs yang dituju. Syaratnya, link tersebut harus aktif dan dofollow.

Bagaimana Jika Saya Menggunakan URL Shortener ?

Mesin pencari (terutama Google) tetap akan menganggap bahwa situs tersebut mencantumkan URL yang dituju (bukan url pendek yang dibuat secara sengaja), namun Google belum mendukung semua URL Shortener. Kalian dapat menggunakan Google URL Shortener atau Bitly yang sudah teruji keramahannya.

Apakah Saya Mendapatkan Pemberitahuan Pingback ?

Jika menggunakan CMS, beberapa CMS sudah memiliki fitur ini. Pemilik situs akan mendapatkan pemberitahuan ketika seseorang menyisipkan link di situsnya yang mengarah ke salah satu halaman / artikel situs yang kalian kelola. Namun, pemberitahuan ini biasanya tidak bekerja dengan sempurna.

Solusinya, kita dapat menggunakan Google Search Console. Dengan Google Search Console, kita dapat melihat situs mana saja yang menyisipkan link ke situs yang kita miliki. Syaratnya, cukup daftarkan situs di Google Search Console. Lihat: Cara mendaftarkan situs / aplikasi di Google Search Console.

Untuk mengetahui situs mana saja yang menyisipkan link situs kita, baca selengkapnya di Cara Melihat Pingback Google Search Console.

Contoh: Jika ingin membuat pingback untuk postingan ini, salin link postingan ini di salah satu halaman pada web / blog yang kalian miliki kalian.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi