Apa Itu QR CODE? Bagaimana Cara Membuat QR CODE?

Perkembangan teknologi online semakin mempermudah hal-hal yang dilakukan manusia, Perkembangan yang makin pesat ini disesuaikan dengan pelayanan dan pencarian serba cepat dengan sistem-sistem baru, salah satunya adalah sistem QR-Code.

Dewasa ini, siapa yang tidak mengenal QR-Code. Salah satu sistem pencarian yang memudahkan pengguna layanan dapat dengan cepat menjangkau layanan yang dibutuhkan.

Namun tahukah kamu? Kamu pun ternyata bisa membuat QR-Code sendiri untuk mempermudah dan menghemat pengeluaran. Yuk, simak ulasan dan tutorial berikut!

Apa Itu QR-Code?

Kode QR banyak digunakan oleh semua kalangan di berbagai negara. Namun tak banyak pengguna yang mengetahui pengertian QR Code secara menyeluruh.

Dilansir dari laman Wikipedia, Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula.

Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon seluler.

Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa.

Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

Fungsi QR-Code

Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring.

Kehadiran kode QR ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR.

Untuk kepentingan komersial ini bisa dijadikan ajang promosi produk, jasa, ataupun periklanan lainnya. Seperti yang diketahui QR Code mengefesiensikan kemudahan dalam menyimpan dan mengakses data. Contohnya ada iklan yang mengirimkan QR Code saja. Jika Kamu memindai QR Code tersebut maka secara otomatis Kamu akan masuk ke halaman situs iklan tersebut.

Tutorial Membuat QR-Code

Untuk kamu yang mau mencoba membuat QR-Code sendiri, kamu bisa membuatnya dengan QR Code Generator. Nah, untuk langkah-langkah kamu bisa mengikuti beberapa contoh berikut:

1. Log In (Jika Perlu)

gambar 1 - login membuat qr code

Seperti halnya jejaring sosial media lainnya dalam dunia daring, untuk langkah awal, kamu bisa log in dengan menggunakan alamat email yang kamu miliki. Tapi tidak login pun tidak jadi masalah, kamu tetap dapat menggunakannya hanya saja fiturnya terbatas.

2. Aktivasi Akun Melalui Balasan yang Dikirim Lewat Email (Jika Register Akun)

gambar 2 - register akun qr code

Setelah proses log in selesai, kamu akan mendapatkan gambar yang menyuruhmu untuk membuka inbox pada akun gmail, dan mengaktivasi akun QR Code Generator.

3. Log in Ulang dan Mulailah Membuat QR Code

Setelah Akunmu teraktivasi, kamu bisa log in ulang dengan cara memasukan email dan password sebelumnya. Lalu kamu akan diarahkan pada beranda kosong.

Selanjutnya kamu bisa mulai mengarahkan pointer ke pojok kanan atas. Disana terdapat tulisan +Create New QR, lalu klik untuk langkah selanjutnya.

4. Pilih Tipe QR Code

gambar 3 - jenis qr code

Kemudian kamu akan berada di halaman yang menyediakan beberapa fitur QR Code yang ingin kamu buat. Tinggal klik salah satu jenis QR Code lalu klik “Next”.

5. Salin URL yang Akan Kamu Buat QR Code

Salin URL yang akan kamu buat QR Code nya, misalnya URL https://www.posciety.com lalu klik “Next”. Namun sebelum itu, kamu bisa melihat preview atau gambaran QR Code yang akan kamu buat di samping kolom URL.

6. Custom QR Code Sesuai Seleramu

gambar 4 - bentuk custom qr code

Di tahap ini, kamu bisa mengubah tampilan QR Code sesuai dengan seleramu. Ada beberapa fitur yang bisa kamu mainkan untuk menjadikan QR Code yang kamu buat lebih menarik. Kamu juga bisa merubah warna, bingkai, bahkan logo QR Code dengan buatanmu sendiri.

7. Unduh dan QR Code Siap Digunakan!

Setelah semuanya cukup sesuai selera, kamu bisa mengunduh QR Code yang telah kamu buat dan membagikannya pada orang lain.

Bagaimana? Ternyata membuat QR Code sendiri sangat mudah bukan? Hanya dalam hitungan menit kamu bisa berbagi dengan menggunakan QR Code. Bagi Kamu yang tertarik membuatnya, Selamat Mencoba!

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi