Apa Itu Rumus VLOOKUP Excel? Bagaimana Cara Menggunakannya?

0

Rumus VLOOKUP gak sesulit yang dibayangkan, kamu yang sering pakai Excel wajib tau rumus VLOOKUP karena ini bermanfaat banget dan membantu kamu lebih cepat dalam mengerjakan laporan di Excel.

Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel sangat berguna dan sering digunakan oleh para profesional untuk mencari data yang mereka perlukan dari 1 tabel ke data data tabel lainnya, kami pun sering menggunakannya untuk keperluan reporting dari satu report mencari tau lebih lengkap di report lainnya sehingga data lengkap bisa menampilkan data lengkap setelah digabungkan.

Rumus VLOOKUP dimulai dengan menuliskan =VLOOKUP pada cell dimana kamu ingin menampilkan data dari setelah pencarian dari table lain, lengkapnya rumus VLOOKUP adalah seperti ini:

=VLOOKUP(table_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Cara VLOOKUP di Excel

Untuk lebih lengkapnya, mari kita mulai praktek dengan suatu kasus. Misalnya kita punya data seperti ini:

ads by posciety

Untuk praktek menggunakan data di atas, kamu bisa klik disini untuk download filenya. Nah, dari data di atas diketahui data member dengan rincian Member ID, Nama, Email, dan Nomor Telepon. Lalu, kamu ingin mengetahui usia setiap member yang ada, kamu bisa lakukan VLOOKUP ke data table yang di mana kamu memiliki nilai usia member contohnya seperti ini:

Data table ke dua ini bisa di dalam sheet yang sama, sheet berbeda, atau bahkan berbeda file Excel, jadi gak perlu khawatir dan caranya pun tetap sama hanya ketika kita menentukan table_array nya nanti diarahkan ke data table ke dua sesuai dimana lokasi dia berada. Yuk mulai VLOOKUP!

Anggaplah data table pertama dan table kedua berbeda sheet, lalu disini kamu ingin memunculkan usia di table pertama karena di table pertama tidak ada data usia dan kamu harus mengambilnya dari data table kedua. Kita VLOOKUP berdasarkan member ID karena member ID sudah pasti berbeda-beda setiap user dan nilainya unique.

Pada data table pertama buatlah kolom baru dimana kamu ingin menampilkan data usia nantinya, pada cell pertama di kolom tersebut tulislah =VLOOKUP akan muncul pilihan rumus VLOOKUP, klik 2x pada rumus tersebut hingga muncul seperti ini:

Kemudian pilihlah nilai unique yang ingin dijadikan parameter pengelihatan data yaitu Member ID seperti yang kita bahas di atas. Klik pada Member ID value (kita coba 1 row dulu, jadi klik A2) seperti ini:

Jangan lupa tambahkan tanda koma (,) setelahnya untuk melanjutkan ke formula berikutnya, jangan klik apa-apa ya karena yang kamu klik akan dimasukkan ke dalam formula.

Sekarang klik sheet2 lalu klik dan tarik dari cell A2 sampai C2 karena kita akan coba 1 row dulu, hasilnya seperti ini:

Jangan lupa tambahkan tanda koma (,) lagi, sekarang tambahkan angka 3 pada formula (karena kolom usia ada di kolom ketiga) seperti ini:

Jangan lupa tambahkan tanda koma (,) lagi, ketika Excel kamu sedang aktif membuat formula/rumus seperti ini jangan asal klik apa-apa karena akan tercatat sebagai formula walaupun sekedar balik ke sheet1. Cukup ketik aja angka 3 lalu tanda koma (,).

Sekarang kita masuk ke formula terakhir yaitu boolean TRUE dan FALSE, pilihlah FALSE dengan cara klik 2x pada FALSE.

Tambahkan tanda kurung tutup lalu tekan ENTER, maka kamu akan dikembalikan ke sheet1 dan hasil VLOOKUP Usia berhasil muncul di cell yang kamu terapkan rumus VLOOKUP.

Formula berhasil diterapkan untuk row pertama, jika sudah seperti ini kamu cukup klik 2x pada ujung bawah cell E2 agar formula otomatis terimplementasi sampai ke row-row berikutnya atau kamu bisa copy cell E2 dan paste ke cell-cell di bawahnya.

Selain itu, kamu juga bisa langsung implementasi formula pada cell-cell yang ingin kamu terapkan formula VLOOKUP tanpa harus copy paste lagi setelahnya yaitu ketika membuat formula VLOOKUP langsung saja kamu tarik semua cell yang ingin kamu terapkan (pada contoh di atas tadi kita hanya menarik 1 row saja, kamu bisa tarik beberapa row sekaligus).

Contoh di atas adalah VLOOKUP data table dari sheet berbeda, kamu bisa lakukan ini untuk table di dalam sheet yang sama bahkan VLOOKUP data table di file Excel berbeda. Caranya tetap sama seperti di atas.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya